Menarik! Ini Tips Agar Mudah Hafal Nama Orang yang Baru Dikenal

"Kita adalah ingatan yang kita miliki. Sangat penting untuk memiliki banyak memori yang indah."


SURATKABAR.ID – Pernahkah Anda mengalami kesulitan untuk mengingat nama orang? Well, Anda tidak sendirian.

Rupanya mayoritas banyak orang bahkan mengalami tantangan yang serupa. Lantas, bagaimana tips agar kita lebih mudah menghafal nama orang yang baru kita kenal?

Bayangkan jika kita semua mengalami peningkatan dalam hal memory ingat-mengingat, tentu kebolehan luar biasa ini bisa membantu agar hidup menjadi lebih baik di segala bidang. Berikut kami uraikan trik jitunya seperti dirangkum dari BBC dan sumber lainnya.

Diceritakan oleh Mark Channon, seorang pelatih, pembicara dan penulis dari Buku Improve Your Memory and The Memory Workbook, ia masih berprofesi sebagai bartender di London pada tahun 1990-an.

Saat itu, temannya mengajarkan bagaimana cara mengingat nama orang. Tahun 90-an, Mark Channon tidak pernah bermimpi akan menjadi seorang Grand Master of Memory, seperti sekarang.

Justru saat itu ia sibuk mengejar mimpinya menjadi aktor. Dia bisa menghafal berbagai dialog naskah, tetapi sayangnya, ia mengalami kesulitan mengingat nama orang.

Baca juga: Wow! Ternyata Otak Kita Memiliki Beberapa Fakta Menarik. Penasaran? Baca Ini dan Sebarkan!

Dengan teknik mengingat nama yang dipelajari dari temannya, Channon bisa mengingat nama pelanggannya serta apa yang mereka pesan, meskipun di jam-jam sibuk. Beberapa tahun kemudian, Channon membuat acara permainan di BBC bernama Monkhouse Memory Masters. Dalam acara itu Channon mengajarkan strategi mengingat kepada para peserta sebelum akhirnya para peserta berkompetisi.

Tahun 1995, tak disangka Channon berhasil meraih peringkat keenam di Kompetisi Mengingat Internasional. Ia pun menjadi salah satu orang dengan memori paling luar biasa di dunia.

Kini Channon bekerja sebagai guru yang mengajarkan para profesional dan entrepreneur perihal bagaimana cara mengingat yang baik, agar dapat meningkatkan kesuksesan karier mereka. Channon mengatakan, kemampuan mengingat nama adalah senjata efektif bagi seorang CEO untuk membangun kepercayaan dari bawahannya. Mampu mengingat nama menunjukkan bahwa kita mendengarkan apa yang disampaikan orang, dan memperlihatkan bahwa kita peduli dengan apa yang disampaikannya (berempati).

“Salah satu hal yang luar biasa adalah ketika Anda masuk ke sebuah ruangan dan berbicara menggunakan semua nama orang di sana,” tutur Channon.

Manfaat Mengingat Nama Orang

Luc Swaab, seorang coach di BrainStudio, Belanda, mengatakan bahwa mengingat nama dan informasi lain bisa membantu orang untuk bekerja lebih efektif, membuat orang lebih percaya diri dan fokus. Selama ini Swaab dikenal andal dalam menangani berbagai masalah terkait penyaringan penyaringan informasi oleh otak.

“Kita adalah ingatan yang kita miliki. Sangat penting untuk memiliki banyak memori yang indah,” terang Swaab.

Memperbaiki Kemampuan Mengingat

Ahli ingatan mengatakan semua orang sebenarnya bisa memperbaiki ingatan mereka dengan menggunakan strategi yang digunakan orang-orang Romawi dan Yunani kuno untuk menghafal pidato.

“Anda sebenarnya tidak punya kemampuan mengingat yang buruk. Anda cuma belum mempelajari teknik yang tepat saja,” ujar Kyle Buchanan, pendiri Memorize Academy di Toowoomba, Australia.

Buchanan mengatakan, sebelumnya dia juga mengalami kesulitan teramat sangat dalam mengingat informasi. Tapi itu semua berakhir ketika dia melihat seorang juara dalam lomba mengingat di sebuah acara televisi beberapa tahun lalu. Saat itu sang juara mampu menghafal urutan baris kartu dengan cemerlang.

Buchanan pun mulai belajar teknik mengingat untuk membantu kariernya. Ia bahkan meninggalkan pekerjaannya dan beralih menjadi pelatih mengingat.

Manusia memang tidak cakap dalam mengingat nama. Namun kita punya kemampuan alami untuk mengingat wajah seseorang. Buchanan pun mengajarkan bagaimana cara agar orang bisa mengingat nama.

Cara yang banyak dilakukan orang adalah membayangkan benda-benda di rumahnya atau tempat yang familiar untuk mengingat daftar acak. Cara lain yang kerap dilakukan orang-orang adalah mengaitkan sebuah nama dengan kata yang sudah dia kenal.

Nah, langkah pertama dalam mengingat nama adalah berkonsentrasi saat seseorang menyebut namanya kepada Anda. Kadang orang terlalu sibuk berpikir dan tidak mendengar sama sekali sewaktu seseorang memperkenalkan dirinya.

Setelah itu, kaitkanlah nama tersebut secara visual dengan suatu benda yang pelafalannya mengingatkan pada nama itu. Kaitkan pula dengan tampilan orang itu. Setelahnya, kita harus mengulang lagi ingatan itu sesaat setelah pertama kali bertemu.

Misalnya, jika kita bertemu seseorang bernama Dinar di sebuah pesta, fokuslah. Lalu kaitkan nama itu dengan sebuah gambar—tak masalah jika gambar itu aneh dan berima. Mungkin Sarah mengingatkan Anda pada “mata yang berbinar”. Lalu hubungkan pula tampilan Dinar yang mirip dengan penggambaran/ rima itu. Misalnya “Dinar mempunyai mata yang berbinar”. Nah, setelah mengingat ini, ulang lagi untuk mengingatnya setelah Anda pulang atau keesokan harinya.

Strategi ini memang butuh usaha, tetapi Channon mengatakan jika sering dilakukan maka akan menjadi kebiasaan. Suatu kebiasaan akan mengendap menjadi karakter jika dilakukan minimal 21 kali atau berturut-turut selama tiga bulan. Silakan mencobanya.

Interaksi Sosial

Lupa nama seseorang juga bisa menjadi masalah. Apalagi jika terkait bisnis dan koneksi penting yang berhubungan dengan profesi kita.

“Kalau kita lupa nama orang, itu akan membuat kita terkesan tidak memedulikan orang itu. Menganggapnya tidak penting,” imbuh Kethera A. Fogler, calon profesor psikologi di Virginia, Amerika Serikat.

Mary Pat McAndrews, psikolog senior di Universitas Toronto, berpendapat bahwa memperbaiki ingatan bisa memberikan peruntungan di kehidupan sosial.

McAndrews menyatakan kemampuan mengingat nama bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Orang dengan ingatan yang baik, memiliki imajinasi yang jelas, yang dapat membantunya menyelesaikan masalah secara kreatif (lebih populer dengan istilah “visualisasi”).

“Ingatan tidak hanya soal bagaimana kita ingat nama orang, tetapi juga soal membangun kontak sosial. Masalah pun akan lebih gampang diselesaikan,” sambung McAndrews.

Profesi vs Nama

Orang seperti Channon terkesan lahir dengan kemampuan ciamik dalam mengingat nama orang yang baru dikenalnya. Padahal, nyatanya kemampuan semua orang itu tidak jauh beda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kita semua pada umumnya selalu terkendala dalam menghafal nama orang.

“Ada hal menarik soal nama, karena dia berbeda dengan informasi lain yang mengingatkan kita pada seseorang,” lanjut Fogler, calon profesor psikolog yang disebutkan di atas.

Rupanya, lebih gampang bagi otak manusia untuk mengingat apa pekerjaan seseorang dibandingkan namanya. Ini dikarenakan pekerjaan langsung terkait dengan informasi semantik yang sudah dikenal otak. Menurut Fogler, otak melihat pekerjaan seseorang mirip dengan tampilannya.

Baca juga: Wow! Ternyata Mimpi Dapat Dikontrol dan Juga Berhubungan dengan Kemampuan Otak. Baca Ini! 

Seraya fokus pada namanya, ingatlah pada bagian wajahnya yang unik.

Sebagai contoh, jika Anda bertemu penulis bernama Yuni, maka Anda akan lebih ingat profesinya sebagai penulis. Karena selain tampilannya, kita juga sudah punya gambaran-gambaran di otak tentang penulis dan kewartawanan, yang membuat kita lebih mudah mengaitkannya dengan tampilan fisik orang itu. Sementara nama Yuni, pada dasarnya tidak memiliki asosiasi berupa gambar di otak.

Oleh sebab itu, Fogler melanjutkan, “Lebih mudah bagi Anda untuk mengingat bahwa Anda baru bertemu seorang petani, dibandingkan jika Anda bertemu seorang lelaki bernama Petani.”