Operasi Besar-Besaran Mulai Besok, Inilah yang Jadi Incaran Polisi


SURATKABAR.ID – Dalam waktu dekat Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan menggelar Operasi Simpatik di berbagai titik.

Dilansir dari tribunnews.com, melalui Korps Lalu Lintas, Polri akan melakukan operasi di seluruh wilayah Indonesia selama 21 hari, mulai 1 Maret 2017.

Kabid Bin Gakkum Korlantas Polri, Kombes Pol Chrysnanda Dwi Laksana menegaskan jika operasi ini bertujuan untuk mengkampanyekan keselamatan berkendara.

“Kegiatan yang dilakukan berupa edukasi, kemitraan membangun keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas secara terpadu, dan berbagai kegiatan kampanye keselamatan pada semua lini,” papar Chrysnanda, Senin (17/2/2017).

Baca Juga: Tak Pakai Helm, Pejabat Tinggi Ini Ditilang Polisi

Pada operasi ini ada beberapa hal yang akan menjadi incaran. Polisi akan memastikan pengendara menggunakan helm yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.

Tidak hanya itu, hal-hal lain yang akan menjadi perhatian adalah spion, knalpot, ban, dan spesifikasi teknis lainnya. Serta barang tentu mengenai kelengkapan surat dan dokumen kendaraan serta Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Bagi yang tak memiliki surat maupun kelengkapan, bisa dikenai sanksi tilang.

Bagi pengguna jalan raya yang tidak mematuhi aturan dan terjaring Operasi Simpatik ini akan jatuhi sanksi berdasarkan Undang Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dilansir dari otomania.com, Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Pol Benjamin memberikan penjelasan mengenai konsep Operasi Simpatik yang tidak lagi dibuat seperti razia semata. Pasalnya, banyak program yang bersifat edukasi, mulai ke sekolah-sekolah, hingga kegiatan soal kegiatan berkendara di berbagai instansi.

“Jadi bukan lagi razia, dan kita tidak mengarahkan untuk melakukan tindakan. Kalau ditindak, bagaimana masyarakat mau simpatik kepada polisi,” ujar Benjamin, Senin (27/2/2017).


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPrabowo Surati SBY, Isinya?
Berita berikutnyaWah, Ahli Fisika Ini Ungkap Bahwa Hantu Itu Tidak Ada, Berikut Faktanya!