Keren! Google Kembangkan Teknologi Perangkat VR Tak Kasat Mata


SURATKABAR.IDVirtual Reality (VR) adalah perangkat digital yang berguna memberikan pengalaman virtual kepada manusia. Sayangnya, perangkat VR mempunyai bentuk yang cukup besar dan menutupi hampir setengah dari wajah pengguna. Oleh karena itu, penggunanya akan terlihat aneh saat menggunakan perangkat canggih ini.

Melihat kekurangan pada bentuk perangkat VR, Google dan Daydream Labs bekerja sama untuk meciptakan perangkat VR tak kasat mata sehingga orang lain dapat melihat wajah pengguna perangkat ini.

Seperti yang wartakan oleh The Next Web, ada beberapa tahapan yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Pertama, wajah pengguna difoto dengan menggunakan kamera khusus yang nantinya akan dibuat model 3D.

Kedua, gerakan bola mata pengguna akan dilacak menggunakan headset HTC Vive. Untuk menambah kesan mendalam, pengguna diminta untuk melakukan pengambilan video di depan green screen agar nantinya suasana di dalam VR dapat digabungkan menjadi background pengguna.

Selain itu, kamera khusus disiapkan untuk melakukan kalibrasi dan sinkronisasi waktu dengan perangkat.  Nantinya, tampilan luar perangkat VR akan digantikan dengan model 3D dari wajah pengguna.

Usaha agar wajah pengguna dapat terlihat saat memakai perangkat VR belum berjalan secara sempurna. Model wajah pengguna yang ditampilkan pada perangkat masih tampak terlalu digital dan tidak natural. Oleh karena itu, tampilan wajah pengguna dibuat seperti mengenakan kaca mata menyelam untuk menyamarkan kesan digital yang ada.

Pada sebuah postingan blog milik Google, disebut bahwa hal ini dapat meningkatkan fungsi dari VR.

“Menjadikan perangkat VR tak kasat mata berarti juga meningkatkan komunikasi dan interaksi sosial di dunia virtual reality dengan aplikasi yang beragam, seperti melakukan video conference, permainan dengan multiplayer dan eksplorasi bersama keluarga dan teman menggunakan VR.  Realisme fotografis memungkinkan wajah pengguna terlihat pada perangkat VR. Hal ini adalah kemajuan yang signifikan dalam dunia VR dan kami sangat senang bisa menjadi bagian dari hal ini.” tulis dalam blog tersebut.

Google mengatakan bahwa teknologi ini akan tersedia di Youtube Space, sebuah tempat yang terbuka untuk siapa saja yang ingin mengembangkan ide ini.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaAkhirnya, Pemerintah Ungkap Alasan Sebenarnya Pesawat PM Israel Dilarang Melintas di Atas Indonesia
Berita berikutnyaKenapa Dana ‘Teman Ahok’ Belum Diusut?