Mengenal Sosok Pemain Naturalisasi Pertama Indonesia Ini, yang Bikin Pusing Legenda Real Madrid


SURATKABAR.ID Naturalisasi menjadi topik hangat bagi par pecinta sepak bola nasional di Tanah Air. Ya, PSSI di bawah Kepemimpinan Edy Rahmayadi memang kini berniat kembali menggulirkan program naturalisasi, demi bisa mengangkat derajat sepak bola Indonesia di level dunia.

Pada era kekinian, publik sepakbola Tanah Air mungkin lebih mengenal seorang Cristian Gonzales sebagai pemain naturalisasi pertama yang bermain untuk Timnas.

Pemain kelahiran Uruguay itu dinaturalisasi dan menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) pada 1 November 2010, ketika PSSI diketuai oleh Nurdin Halid.

Yang terbaru, adalah Indonesia berhasil menaturalisasi bintang muda raksasa Belanda Ajax Amsterdam, yaitu Ezra Walian. Pemain berdarah Manado tersebut diketahui kini namanya tengah meroket sebagai bintang di Jong Ajax (Tim kedua Ajax).

Namun, tahukah anda jika ternyata naturalisasi pemain, ternyata sudah dlakukan oleh PSSI sejak puluhan tahun yang lalu?

Terungkap, seperti diberitakan Indosport sebelum itu, faktanya Indonesia pernah melakukan naturalisasi terhadap lima pemain berkewargaaan Belanda. Mereka adalah Van der Berg, Piteersen, Pesch, Boelard van Tuyl, dan Arnold van der Vin.

Tapi dari kelima orang itu, hanya satu pemain yang sukses menembus Skuat Timnas Indonesia yaitu, Van der Vin.

Baca juga: Sebut Iwan Budianto Tukang Sogok Wasit, Begini Penjelasan Ketum PSSI

Kiper yang pernah memperkuat Persija Jakarta itu melakoni debut pertamanya saat Timnas Indonesia menghadapi tim asal Hongkong, Nan Hua pada tahun 1952.

Memiliki postur tubuh yang tinggi menjulang, Van der Vin terbukti bisa diandalkan. Refleksnya dalam mengantisipasi bola-bola tinggi tak terbantahkan.

Meskipun kurang lihai dalam menghadapi bola-bola mendatar, pemain Indo asal Semarang itu selalu membuat sejumlah penyerang top luar negeri yang bertamu ke Indonesia kelimpungan saat berusaha membobol gawangnya.

Salah satunya adalah Ferenc Puskas, pemain legendaris dunia asal Hungaria yang namanya kini diabadikan sebagai sebuah nama trofi penghargaan pencetak gol terbaik tahunan dunia versi FIFA.

Legenda Real Madrid itu pernah dipermalukan Van der Vin saat Indonesia menghadapi Hungaria di lapangan Ikada pada tahun 1960. Eksekusi penalti tipuan Puskas berhasil digagalkan oleh Van der Vin dengan sebuah tangkapan yang sempurna.

Nah, apakah para bintang muda hasil naturalisasi terbaru, di bahwa kepelatihan Pelatih asal Spanyol bisa meneruskan jejak kesuksesan Van der Vin? Sangat layak untuk terus kita simak.

 


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaAhok Akan Datangi Lokasi Banjir dan Ajak Warga Lakukan Ini
Berita berikutnya5 Manfaat Melajang Bagi Kesehatan