Ahok: Saya Tahu Kapan Harus Bersikap Lemah Lembut


ahok

Basuki Tjahaja Purnama, Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 2, menuturkan alasan beliau sering bersikap tegas selama ini. Sikap tegasnya ini bahkan dianggap kasar oleh beberapa pihak.

Di sini Ahok, sapaan akrab beliau, menganalogikan sikapnya dengan sikap pemilik rumah dengan maling. Ahok menggunakan analogi maling yang ingin diperlakukan secara santun oleh sang pemilik rumah.

“Bapak Ibu, kalau orang mau maling rumah kita, kita lemah lembut atau teriak? Ini orang maling dan kita teriak, terus dia keluar dan bilang ‘itu yang punya rumah enggak sopan tuh, teriakin gue’,” kata Ahok, seperti yang dikutip oleh Tribunnews.com, di Rumah Lembang, Menteng, pada Sabtu, 26 November 2016.

Terkadang Ahok tidak mengerti mengapa sikapnya yang tegas tersebut masih disalahkan. Padahal sikap tegas dan kerasnya tersebut ditujukan kepada maling alias pencuri uang negara.

“Jelas mau nyolong uang rakyat. Masa saya masih harus baik-baik, ‘kamu nyolongnya yang lembut ya, ambil uang triliunan itu yang sopan ya’,” ujar Ahok.

Hal tersebut disampaikan di depan para pendukungnya dari Forum Pemuda NTT di Rumah Lembang, Jakarta Pusat. Ahok mengatakan bahwa sikap lemah lembut itu harus dilakukan sesuai waktu dan tempatnya. Beliau mengatakan bahwa sikap lemah lembut itu ditujukan kepada para orang tua. Selain itu, sikap sopan juga harus selalu ditujukan pada para perempuan. Beliau menilai bahwa dirinya tahu kapan harus menunjukkan sikap lemah lembut.

“Tapi saya rasa buat maling enggak perlu santun. Dia aja enggak santun kok,” ujarnya.

Namun dirinya juga mengakui sudah banyak belajar. Beliau paham bahwa tidak banyak orang yang bisa menerima sikapnya yang keras tersebut. Beliau akhirnya berjanji untuk melakukan instrospeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Ahok sendiri sudah merasa menjadi pribadi yang lebih baik, beliau sudah tidak sering marah-marah seperti dulu.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaBojonogero Banjir, Bupati Bojonegoro: Kita Sudah Harus Siap
Berita berikutnyaDjarot: Memang Kami Menggusur, Menggusur Koruptor cs