Jessica Beberkan Saat Kombes Krishna Murti Menekan Dirinya


sidang-jessica

Seperti tak berujung dan semakin rumit saja, kasus Jessica Kumala Wongso yang dituduh sebagai penyebab kematian Wayan Mirna Salihin terus digelar dari hari ke hari.

Dalam sebuah persidangan lanjutan kasus tersebut yang digelar pada hari Rabu (28/9/2016) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jessica menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan jaksa.

Satu hal yang membuat menarik adalah ada sebuah ungkapan dari Jessica bahwa dia pernah mendapat tekanan dan disuruh mengakui perbuatannya yang mengakibatkan Wayan Mirna tewas setelah meminum kopi Vietnam yang berisikan sianida oleh Kombes Krishna Murti yang saat itu menjabat sebagai Direskrimum Polda Metro Jaya.

Dalam penjelasannya, Jessica mengatakan bahwa ada suatu waktu ketika dia dibawa ke sebuah ruangan yang dia sendiri tidak tahu ruangan apa tersebut.

Setelah berada di tempat itu, Krishna Murti masuk dan mereka duduk berhadap-hadapan. Tak lama berselang, Krishna Murti mengatakan bahwa adalah suatu hal yang dianggap menjatuhkan harga diri bagi seorang Kombes POLRI untuk datang dan turun langsung ke tahanan.

“Saya jatuhkan harga diri, saya turun ke tahanan,” ujar Jessica menirukan ucapan Krishna Murti waktu itu, seperti yang dikutip dari Tribunnews (28/9/2016).

Jessica juga mengatakan bahwa Krishna mengungkapkan bahwa dia mempertaruhkan jabatannya dengan menjadikan dirinya sebagai tersangka atas kasus tersebut, lalu pria bertubuh besar itu berbicara dalam Bahasa Inggris.

Setelah itu, menurut Jessica, Krishna mulai bercerita tentang banyak hal, dari pengalamannya bekerja di PBB di New York, Amerika Serikat, mengenai kucing peliharaannya yang mendapatkan Like banyak orang di Facebook sampai dengan pengalaman menembak pelaku teroris di Jakarta beberapa bulan lalu.

Jessica mengaku lebih banyak diam saat Krishna Murti bercerita tentang segala hal tersebut dan pada akhirnya dia disuruh untuk mengaku sebagai pembunuh Mirna.

“Saya diam saja. Lalu dia (Krishna Murti) bilang ngaku saja, ada CCTV ada kamu naruh racun di minuman Mirna,” jelas Jessica.

Bahkan, menurut Jessica, Krishna Murti juga mengatakan bahwa jika dirinya mengaku maka hukumannya kurang lebih 7 tahun dan masih akan dipotong tahanan.

“Saya bingung, saya bengong. Orang ini (Krishna) nyuruh saya ngaku apa. Saya diam saja tapi saya stres,” ujarnya.

Sekarang ini, Jessica masih akan terus menjalani pemeriksaan dan duduk sebagai pesakitan di depan majelis hakim di pengadilan, sedangkan Krishna Murti tersandung isu penganiayaan perempuan sampai dimutasinya menjadi Kepala Bagian Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Internasional Kepolisian Negara Republik Indonesia (Romisinter Divhubinter Polri).