Terungkap! Ini Alasan Jokowi Mencopot Anies Baswedan


anies baswedan 2

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan formasi kabinet barunya melalui perobakan atau reshuffle jilid ke dua. Salah satu nama yang terdepak dari kursi menteri adalah Anies Baswedan. Jabatannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kini diberikan kepada Muhajir Effendi.

Keputusan Jokowi untuk mencongkel Anies membuat banyak pihak bertanya-tanya. Anies selama ini tidak begitu banyak ikut dalam polemik politik atau peristiwa lainnya. Hal ini membuat publik menjadi penasaran mengenai alasan Jokowi mencopot pria yang lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969 tersebut.

Pramono Anung, Sekretaris Kabinet sedikit mengungkap alasan Presiden menggati Anies dengan menteri baru.

“Pak Anies juga bekerja dengan baik, tapi tentunya ada ekspektasi yang diinginkan Presiden dan Wapres ke depan ini yang mungkin berbeda,” ungkap Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2016), dikutip dari merdeka.com.

Meski mengejutkan, Pramono menegaskan bahwa Anies menyambut dengan baik keputusan Presiden dalam perombakan kabinet tersebut.

“Alhamdulillah semua menteri bisa menerima dengan baik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Politisi asal PDI Perjuangan tersebut berharap dengan perombakan kabinet jilid ke dua tersebut, para menteri bisa memberikan perubahan dalam roda pemerintahan yang dinahkodai oleh Jokowi. Pramono juga menyatakan jika Presiden tidak ingin ada lagi kegaduhan yang timbul dari silang pendapat antar menteri. Misalnya perseteruan antara Menteri ESDM Sudirman Said dengan Menko Kemaritiman Rizal Ramli.

“Harapannya dengan komposisi dan tim yang baru mudah-mudahan orkestra kabinet kerja ini bisa lebih baik dan juga mengurangi hal yang pernah terjadi sebelumnya,” ujarnya.

Anies sendiri dilaporkan telah berkemas-kemas semenjak diumumkannya reshuffle kabinet. Barang-barang pribadinya di kantor mulai dimasukkan ke mobil boks berpelat nomor B-9892-PQ.

Seperti yang dilansir dari tempo.co, lukisan Anies berwarna merah-putih yang menjadi latar belakang logo Kementerian Pendidikan dan foto-foto Anies di lantai 2 gedung A diturunkan. Seorang petugas office boy dan petugas keamanan mengatakan disuruh atasannya untuk menurunkan foto-foto itu. “Mungkin karena Bapak tidak menjabat lagi,” ujar office boy yang menolak disebut namanya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaBrimob Salah Tembak Saat Buru Kelompok Santoso, Prajurit TNI Tewas
Berita berikutnyaMengungkap Alasan Jokowi Mendepak Jonan dari Kabinet