Akhir Tahun 2020, Fiber Optic IndiHome Berhasil Menjangkau 4 Kali Keliling Bumi


    Jakarta, 7 Januari 2021 – Peran IndiHome dalam mencerdaskan dan memajukan kehidupan berbangsa semakin nyata ditengah pandemi Covid 19. Selama tahun 2020, layanan unggulan milik PT Telkom Indonesia (persero) Tbk (Telkom) ini berhasil membangun masyarakat digital melalui pembangunan infrastruktur secara merata di Nusantara.

    Hingga akhir tahun 2020, IndiHome berhasil membentangkan fiber optic-nya sepanjang 166.343 kilometer dari pusat kota hingga ke pelosok desa di seluruh wilayah nusantara. Dari 514 kabupaten/kota, 96,5% kabupaten/kota atau sebanyak 496 kabupaten/kota telah dijangkau IndiHome. Di wilayah kecamatan, IndiHome berhasil menjangkau 72.1% kecamatan atau sebanyak 5.115 dari 7.094 kecamatan dan di tingkat kelurahan/desa, IndiHome telah menjangkau 41% kelurahan/desa atau sebanyak 34.285 dari 83.447 kelurahan/desa. 

    Bahkan, 9 pulau terluar di Indonesia juga telah dijangkau oleh IndiHome antara lain Pulau Bintan, Pulau Karimun, Pulau Kei, Pulau Alor, Pulau Simeulue, Pulau Weh, Pulau Sebatik, Pulau Rote, Pulau Sabu. Hal ini setara dengan membentangkan fiber optic seluas 4 kali keliling bumi. Aksi nyata tersebut, mengantarkan IndiHome sebagai layanan fixed broadband terbesar yang telah berkontribusi sebesar 85% market share di Indonesia dengan jumlah pelanggan sampai akhir tahun 2020 mencapai 8 juta pelanggan.

    “Ini membuktikan bahwa IndiHome sangat besar kontribusinya bagi masyarakat dan sebagai leading fixed broadband, IndiHome sangat dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Sebuah prestasi yang patut kita syukuri bersama bahwa ditengah kondisi pandemic Covid-19, masyarakat Indonesia tetap bergerak aktif dengan memanfaatkan teknologi digital untuk melanjutkan kehidupan yang lebih maju,” jelas E. Kurniawan Vice President Marketing Management Direktorat Consumer Service Telkom.

    Sejalan dengan hal tersebut, IndiHome mendapat berbagai penghargaan antara lain 1st Millenial Choice in Internet Provider & TV Cable Category 2020 dari Wartaekonomi 2020, TOP ISP (Internet Service Provider) dan TOP Contact Center dari It Works 2020, Gold Champion Category Pay TV dari Indonesia WOW Brand 2020, One Stop Entertaainment Media of The Year dari Marketeers Editor’s Choice Award 2020 dan Contact Center Service Excellent 147 dari Majalah Marketing 2020.

    “Prestasi tersebut tentu harus diimbangi dengan berbagai upaya nyata IndiHome di tengah pandemic Covid-19 seperti menyediakan layanan khusus pembelajaran jarak jauh, menerapkan protokol kesehatan dalam melayani pelanggan, menyiapkan infrastuktur dengan kualitas yang baik, menyediakan 3602 Wifi.id corner di seluruh Indonesia dan bekerja sama dengan berbagai komunitas agar tetap semangat dalam berkarya dan berkreasi di masa pandemi,” tutup E. Kurniawan.