Sedih Banget! Tidak Punya Bola Mata, Bayi Ini ‘Dibuang’ Ibunya


SURATKABAR.ID – Buah hati merupakan anugerah yang Maha Kuasa. Banyak orangtua memimpikannya. Namun nasib naas menimpa seorang bayi yang lahir di Tomsk, Rusia. Ia bernama Alexander, ia menderita kondisi langka yang disebut dengan anophthalmia syndrome, yang membawa cacat bawaan, menyebabkan bayi tidak memiliki bola mata.

Alexander K, atau yang memiliki nama panggilan Sasha sampai sekarang ini masih menunggu orangtua yang mau mengadopsinya. Ibu kandungnya menolaknya dan sang ayah sampai sekarang ini tidak diketahui keberadaanya.

Dokter sendiri sudah menyebutkan jika kondisi Sasha sudah sangat sehat bugar. Tetapi namun sindrom yang dialami oleh Sasha ini ia akan tidak bisa melihat seumur hidupnya. Seorang perawat membawa Sasha ke St Petersburg dan melakukan prosedur operasi. Opersi ini nantinya akan menanamkan bola mata untuk memastikan wajah dari Sasha tidak cacat selama proses tumbuh kembangnya.

Baca juga: Anaknya Kepergok Curi Mainan di Toko, Apa yang Dilakukan Orangtuanya Banjir Pujian

Anophthalmia syndrome merupakan sebuah kondisi langka yang terjadi pada satu dari seperempat juta jiwa. Dia merupakan anak biasa yang berharap mendapatkan kasih sayang sebagai seorang anak.

“Dia tidak berbeda dengan anak-anak lain, dia bermain dan tersenyum sama seperti bayi lain yang sehat, dia juga bayi yang sangat ceria.” ujar sang perawat.

Sayangnya, sampai sekarang ini belum ada perawatan khusus untuk ‘membuat’ mata baru pada bayi untuk mengembalikan pengelihatan secara lengkap. Tidak hanya fungsi mata, namun penanaman bola mati ini juga penting bagi wajah bayi, guna tumbuh dan kembang dengan baik.