Salut, Dokter di Jakarta Ini Hanya Patok Rp10.000 untuk Setiap Pasiennya


SURATKABAR.ID – Di zaman sekarang ini harga kebutuhan makin naik. Termasuk juga dengan biaya kesehatan yang tiap hari makin membengkak. Melihat kondisi pengobatan yang kian hari makin mahal, Mangku Sitepoe (84) yang selama ini dikenal sebagai dokter menawarkan solusi kepada masyarakat menengah ke bawah.

Bagaimana tidak, ia hanya mematok Rp10.000 saja per-pasien yang berobat kepadaya. Pengabdiannya ini dimulainya tahun 1995. Setiap Rabu dan Sabu ia praktik di Pratama Bhakti Sosial Kesehatan St. Tarsisius, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sudah berpuluh-puluh tahun, ia mengabdi untuk masyarakat.

Nah, sebelum menjadi dokter umum seperri sekarang ii, sebelumnya ia mengawali kerirnya sebagai dokter hewan. Ia pernah menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada dan pernah menjalani praktik di Denmark. Awal mula ia memutuskan untuk melanjutkan studi dokter umum lantaran saat kembali ke Kampung Halamannya di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, warga setempat meminta bantuannya.

Baca juga: Viral Nama Fahri Skroepp, Inilah 10 Statusnya yang Bikin Senyum-senyum Sendiri

Akhirnya ia memutuskan untuk mnjadi dokter umum di Universitas Sumatra Utara. Ingin berdedikasi di masyarakat, dari tahun 1995-2000, ia bahkan sama sekali tidak memungut biaya dari pasien. Termasuk juga obat-obatan yang diberikan secara gratis. Namun karena kebaikannya disalahgunakan, ia akhirnya mematok Rp2.500 untuk pasien, ada beberapa oknum yang menjual kembali obat-obatan yang diberikan dan menjualnya kembali.

Saat ini biaya untuk konsultasi hanya Rp10.000. Angka yang terbilang murah meriah dengan berbagai tuntutan yang ada saat ini. Semoga Dokter Mangku selalu sehat dan bisa menolong lebih banyak lagi orang di luar sana.