Tak Kalah dari Einstein, Inilah Penemuan BJ Habibie yang Sukses Gemparkan Dunia


SURATKABAR.ID – Kepergian Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie menorehkan luka mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia dan dunia. Bagaimana tidak, Presiden RI ke-3 ini telah memberikan sumbangsih yang begitu besar dampaknya, tak hanya bagi Indonesia, namun juga dunia.

BJ Habibie dikenal sebagai seorang tokoh inovator dari Indonesia. Ia memberikan sumbangsih besar di dunia teknologi, khususnya penerbangan dunia. BJ Habibie jugalah yang menciptakan teori bernama crack progression. Hal tersebut yang membuatnya dijuluki Mr Crack.

Dilansir Tribunnews.com dari laman saintif.com, pada Rabu (11/9/2019), crack progression yang diciptakan BJ Habibie di tahun 1960 merupakan teori yang digunakan untuk memprediksi titik mula retakan pada sayap pesawat terbang.

Pada saat teori ini tercetus, terjadi banyak musibah pesawat jatuh yang disebabkan karena tiadanya alat deteksi keretakan di badan pesawat. Hal tersebutlah yang membuat BJ Habibie terketuk hatinya untuk membuat solusi dari perumusan rambatan titik retakan.

Baca Juga: Begini Hebatnya Pesawat R80 Rancangan BJ Habibie

Dalam teori itu, BJ Habibie merumuskan secara mendetail perhitungan presisi hingga tingkat atom. Teori penjelasan mengenai sayap pesawat rapuh, kelelahan pada pesawat dapat dipecahkan dengan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan dan membuat proses perawatan pun menjadi lebih mudah.

Namun penerapan teori MR Crack ini ternyata juga membuat sistem pesawat lebih kompleks. Berat pesawat bisa berkurang hingga 10 persen sampai 25 persen, berkat material kompsit buatannya. Selain itu, pesawat jadi lebih bisa bermanuver, lebih mudah lepas landas dan lebih hemat bahan bakar.

Teori MR Crack ini akhirnya menjadi tolak ukur utama di dalam dunia penerbangan. Teori crack progression kepunyaan BJ Habibie pun menjadi solusi di dunia penerbangan. Teori ini sangat berarti dalam peningkatan standar keamanan pada pesawat.

Beberapa tahun yang lalu, BJ Habibie kembali mengejutkan dunia berkat rancangan pesawat R80 dengan pendanaan mencapai angka 200 miliar. Tak lama lagi pesawat R80 yang menjadi cita-cita BJ Habibie akan terwujud.

Melalui pesawat R80, masyarakat menaruh harapan besar terhadap BJ Habibie. Karena itu BJ Habibie menganggap rancangannya tersebut kelak akan menjadi pesawat R80 kenamaan Tanah Air.

Kendati sosok Bacharuddin Jusuf Habibie kini tinggal kenangan, namun sumbangsih besarnya, melalui karyanya akan membuat beliau tetap hidup dan abadi.

Mantan Presiden Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) petang,  pukul 18.03 WIB di RSPAD Gatot Subroto.

Selamat jalan, Pak Habibie.