Kisah Driver Taksi Online Non Muslim yang Rela Menunggu Penumpangnya Salat di Rumput Pinggir Jalan


SURATKABAR.ID – Salat bagi umat Muslim merupakan hal yang wajib dilakukan. Tak peduli dalam kondisi apa pun. Bahkan dalam perjalanan sekali pun. Seperti kisah yang belum lama ini dibagikan seorang pengguna Twitter.

Dilansir dari laman Grid.ID, pada Jumat (30/8/2019), pengguna Twitter ini terpaksa berhenti di pinggir jalan untuk melaksanakan salat. Pasalnya ketika itu ia yang berkendara bersama saudaranya ini tak bisa menemukan masjid saat sudah akan masuk waktu salat magrib, padahal mereka belum salat Ashar.

Kisah dan foto tersebut dibagikan oleh pemilik akun Twitter @AinulNunanaa, Senin (26/8) lalu dan langsung viral di media sosial. Postingan ini telah mengantongi lebih dari 3 ribu likes dan di-retweet hingga lebih dari 2 ribu kali oleh para pengguna Twitter.

Tadi sbb tak familiar with Sri Petaling, aku dengan kakak gagau cari surau nak solat (mostly Chinese place) Sbb dah terlambat nak jamak dan nak masuk waktu Maghrib dah, she decide utk solat je kat atas rumput tepi jalan. Kudos to this grab driver sbb sanggup tunggu kami tadi ????????” cuitnya.

Baca Juga: Intip Deretan Potret Driver Ojol Saat Cicipi Makanan Kekinian Berikut, Ekspresinya Bikin Haru

Noor Aliyah, seperti yang dikutip Hmetro.com.my, tak mengetahui bahwa saudarinya, Nur Ainul Jannah mengabadikan fotonya ketika tengah salat itu. Oleh Nur Ainul Jannah, foto tersebut kemudian dipostingnya di akun Twitter pribadinya.

Gadis dalam foto itu pun mengungkapkan kisah yang kini menjadi topik perbincangan hangat di media sosial.

Awalnya, ia bersama Nur Ainul Jannah, saudaranya, yang tinggal di Jitra, Kedah, tengah melakukan perjalanan menuju Kuala Lumpir Isnin. Keduanya kemudian mampir terlebih dahulu ke sebuah kafe di Sri Petaling untuk menyelesaikan urusan pekerjaan.

Baru setelah urusan selesai, mereka mencoba mencari masjid terdekat untuk menunaikan salat Ashar. Sayangnya mereka tak berhasil karena memang tidak mengenal daerah yang baru tersebut. Mereka lalu memesan Grab Car menuju stasiun LRT terdekat, di mana mereka bisa salat di masjid stasiun.

Namun mereka kembali dihadapkan pada satu masalah, yakni daerah yang dilalui sedang macet dan membuat kedua wanita ini terjebak dan tak bisa melanjutkan perjalanan. Karena takut tidak bisa sampai di masjid tepat waktu untuk salat.

Hanya beralaskan rumput, Noor Aliyah menunaikan kewajibannya menghadap Sang Pencipta. Ia mengaku tidak terganggu meski harus salat di atas rumput. Pasalnya sebelum salat, ia telah memastikan bahwa rumput yang ia gunakan itu benar-benar bersih.

Dan ada satu hal lagi yang tak kalah mengejutkannya, yakni sang driver taksi online yang mereka sewa ternyata bersedia menunggu Noor salat sampai selesai tanpa mengeluh sama sekali. Padahal sang driver bukanlah seorang Muslim.

Sikap driver taksi online yang begitu memperhatikan kepentingan Noor Aliyah dan Nur Ainul Jannah untuk menunaikan salat dan tanpa terbebani rela menunggu kedua penumpangnya tersebut pun menuai pujian dari netizen.

Hormat aku sama kalian … sopir Grab memahami dan menghormati mereka, dan mereka tetap menjalankan solat meski atas rumput … Allahuakhbar !!!” komentar akun @Ridhuansazuki.

Meski harus menjalankan salat dalam keadaan seperti itu, tapi terima kasih kepada supir Grab ini karena telah membuat Anda tetap bisa menjalankan salat,” tulis @Logeswarren.

Kasih supir Grab ini kenaikan gaji atau semacam bonus dong,” kata pemilik akun @mizreena.

Pujian tak hanya datang dari netizen. Bahkan pihak Grab sendiri ikut memuji sang supir atas apa yang ia lakukan dalam kondisi tersebut.

Anda memang seorang gadis yang beruntung telah bertemu pengemudi yang baik hati ini. Ini adalah contoh sempurna dari gambaran negara Malaysia. Saling menghormati kepercayaan satu sama lain. Kami benar-benar berharap bahwa semua pengemudi kami akan menjadi seperti orang baik ini,” komentar akun GrabMY.