Politisi Senior PPP Disebut-Sebut Sebagai Penyadang Dana di Kasus Kivlan Zen


SURATKABAR.ID Kasus dugaan kepemilikan senjata ilegal dengan tersangka Kivlan Zen menyeret nama politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Politisi yang dianggap cukup senior di PPP tersebut disebut-sebeut sebagai penyandang dana operasional yang diberikan kepada tersangka kasus kepemilikan senjata api ilegal.

Seperti diwartakan jpnn.com, politisi PPP tersebut adalah Habil Marati. Pria yang pernah aktif di PSSI tersebut terlah ditangkap di rumahnya pada 29 Mei 2019 yang lalu.

“Tersangka kedelapan, saudara HM ditangkap di rumahnya pada 29 Mei 2019. HM berperan memberikan uang kepada KZ untuk pembelian senjata api (senpi). HM juga memberikan uang 60 juta rupiah kepada HK untuk biaya operasional dan pembelian senjata api,” tutur Wadir Krimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary dalam konferensi pers di media center Kemenko Polhukam, Selasa (11/6/2019).

Uang yang diserahkan Habil Marati ke Kivlan sebesar SGD 15.000 atau senilai Rp 150 juta adalah dana operasional. Kivlan Zen disebut lalu mencari eksekutor dan memberi target 4 tokoh nasional.

Polisi menyita HP yang digunakan Habil Marati untuk berkomunikasi. Ada pula printout rekening bank yang disita.

Habil Marati lahir di Raha, Sulawesi Tenggara, pada 7 November 1962. Dia merupakan lulusan Sarjana Syariah IAIN Sumut tahun 1982 dan Magister Manajemen Universitas Sumut 2003. Setidaknya, dia pernah beberapa kali menempati posisi jabatan direktur di sejumlah perusahaan, yakni Dirut PT Batavindo Kridanusa (1994), Dirut PT Galaxy Pasific Evalindo (1997), Dirut PT Makassar Perrosal Global (1997), Dirut PT Satomer Asri Fiberindo (1997), Dirut PT Industry Kakao Utama (2000), dan Dirut PT Agra Post Lava (2000).

Tak hanya di aktif menjadi direktur di beberapa perusahaan, Habil Marati juga aktif di beberapa organisasi. Di pernah menjadi Ketua DPW Parmusi Sumut dan Penasihat PSSI Sumut (2002-2005). Lantas, dia terjun ke politik dan menjadi Ketua DPP PPP. Pada 1997-1999, dia menjadi anggota MPR. Lantas, dia juga sempat jadi anggota Komisi XI DPR Habil Marati dari fraksi PPP.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDemokrat Keluar Koalisi? Elite Demokrat Tak Satu Suara
Berita berikutnyaIngat Euis di Sinetron Keluarga Cemara? Tak Lagi Jadi Artis, Begini Keadaanya Sekarang