Pernah Jadi Favorit Anak Muda, 5 Media Sosial Ini Menghilang Bak Ditelan Bumi


SURATKABAR.ID – Pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini turut mempengaruhi cara masyarakat berinteraksi. Semakin canggih gadget yang hadir di pasaran ikut diiringi dengan menjamurnya berbagai media sosial (medsos). Tak terelakkan, kemajuan teknologi dan kehadiran media sosial ikut membantu kemudahan kita berkomunikasi. Seperti diketahui, saat ini ada banyak sekali aplikasi medsos yang biasa digunakan untuk chatting hingga berbagi foto dan video.

Namun, persaingan yang ketat ini membuat banyak medsos yang tak mampu bersaing hingga akhirnya bangkrut dan hilang ditelan zaman. Padahal, ada sederet media sosial yang pernah berjaya dan digandrungi pada masanya. Selain gadget, rupanya banyak aplikasi yang juga tak bisa mengikuti perkembangan zaman. Itulah yang menyebabkan mereka terpaksa gulung tikar.

Pernah jadi favorit anak muda pada zamannya, setidaknya terdapat lima media sosial yang dulu berjaya dan kini menghilang bak ditelan bumi. Masih ingat apa saja? Melansir Grid.ID, Rabu (29/05/2019), yuk simak uraiannya.

MXIT

Layanan yang dulu populer di tahun 2007 ini memungkinkan penggunanya untuk chatting di manapun, baik dari ponsel atau PC secara gratis.

Pengguna dapat terhubung dengan pengguna Yahoo!, ICQ, Google Talk, AIM, atau Windows Live Messenger sehingga komunikasi terasa jadi lebih mudah.

Baca juga: Waduh! Pemuda Ini Dicoret dari KK dan Diumumkan di Surat Kabar

Sehingga bisa dibilang, MXIT ini merupakan ‘ayah’ dari aplikasi pesan instan WhatsApp.

Friendster

Layanan ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media daring dengan anggota tersebut.

Media sosial Friendster mempunyai lebih dari 8,2 juta pengguna terdaftar dan lebih dari 1 juta pengunjung setiap bulannya.

Namun, sejak situs ini menghapus semua konten dan menjadi situs permainan, jumlah ini turun menjadi 1,2 juta pengguna terdaftar saja.

Mig33

Pengguna Mig33 bisa berkomunikasi dengan teman, bertemu orang baru, bertukar emoticon, mengirimkan kado virtual, dan bermain games.

Tak banyak yang tahu, layanan yang dirilis pada tahun 2005 ini merupakan komunitas telepon seluler terbesar pertama di dunia.

Mig33 sendiri tersedia untuk pengguna telepon seluler manapun, mulai dari Nokia, Sony Ericsson dan Blackberry.

MySpace

MySpace menjadi salah satu tempat buat orang banyak dapat mengekspresikan dirinya dengan bebas. Terutamanya para musisi independen.

Sayang, semenjak kedatangan Facebook dan media sosial lainnya, akhirnya MySpace bagaikan ‘hidup-segan-matipun-tak-mau’.

Kendati masih ada, namun hampir tak ada lagi yang menggunakan MySpace sebagai pilihan sosial media utama mereka.

Yahoo Koprol dan Yahoo Messenger

Netizen pasti pernah mendengar ditutupnya aplikasi yang satu.

Digadang-gadang menjadi pesaing ketat dari Facebook, rupanya Yahoo! harus rela bahwa mereka tak bisa bertahan di era sekarang ini.

Demikian juga bagi penggemar Yahoo Koprol dan Yahoo Messenger yang harus berbesar hati atas peristiwa ini.