Galau Hadapi Bulan Ramadan Saat Menyusui? Ini Tips Aman Berpuasa untuk Ibu Baru Melahirkan


SURATKABAR.ID – Sebagai umat muslim, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjalankan ibadah puasa. Semua diwajibkan puasa kecuali ibu hamil, ibu menyusui, musafir, orangtua yang sudah mampu secara fisik, serta orang yang sedang sakit. Ramadhan yang hanya datang hanya setahun sekali banyak yang membuat semua orang merindukan momen ini. Akhrirnya, tidak sedikit para ibu yang tengah menyusui juga ikut menjalankan ibadah puasa.

Bagi yang masih dalam masa menyusui, kondisi ini jelas tidak mudah. Melansir dari alodokter.com, inilah tips puasa aman untuk ibu menyusui.

1. Perhatikan Asupan Saat Sahur

Sahur adalah sesuatu yang penting, untuk itu seharusnya memerhatikan menu-menu yang baik untuk sahur. Karena makanan dan cairan yang disantap saat sahur menjadi cadangan nutrisi dan kalori selama menjalankan ibadah puasa. Makanan yang baik untuk ibu menyusui diantaranya brokoli, bayam, katuk, telur, ikan salmon, daging tanpa lemak, dan kacang merah juga bisa menambahkan suplemen vit C.

2. Cegah Dehidrasi

Baca Juga: Berat Badan Naik Selama Puasa? Ternyata Kebiasaan Ini Penyebabnya!

Puasa untuk ibu menyusui bukannlah sesuatu yang membahayakan. Yang dikhawatirkan adalah, dehidrasi saat menyusui. Jika mengalami gejala dehidrasi, seperti merasa sangat haus, pusing, lemas, lelah, mulut kering dan lainnya, disarankan segera membatalkan puasa dan mengonsumsi air atau cairan yang mengandung elektrolit.

3. Persiapan yang diperlukan

Jika diperlukan, catatlah makanan dan minuman yang dikonsumsi selama berpuasa. Ini bisa membantu mengukur nutrisi dan cairan yang di konsumsi. Selama berpuasa kandungan potasium, magnesium, dan zinc di dalam ASI dapat berkurang. Siasatilah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki ketiga nutrisi tersebut.

Sebelum memutuskan menjalankan ibadah puasa sambil menyusui, pertimbangkan apakah Si Kecil masih di bawah 6 bulan atau sedang membutuhkan ASI eksklusif? Sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda untuk mendapatkan penjelasan yang lebih akurat agar anda merasa tenang saat menyusui sambil berpuasa.

Berita Ini Pernah Diterbitkan di Serumpi.com dengan Judul: Jangan Takut Puasa Meskipun Sedang Meyusui, Berikut 3 Tips Aman yang Bisa Membantu Anda