Amien Rais ke KPU: Anda Akan Berurusan dengan Rakyat


    SURATKABAR.ID – Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Amien Rais kembali memposting video yang menyulut warganet berkomentar. Di dalam video tersebut, ia mengkritik keras Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang digelar serentak.

    Amien Rais, seperti yang dirangkum dari laman Tribunnews.com pada Rabu (24/4/2019), membagikan video tersebut melalui akun media sosial Instagram pribadi miliknya, @amienraisofficial, Selasa (23/4) kemarin.

    Tak hanya mengkritisi KPU, Amien Rais juga melontarkan komentar pedas terkait quick count alias hitung cepat yang ditayangkan di stasiun televisi. Ia menyebut belum pernah mendapati proses demokrasi yang tampak sangat serampangan seperti yang terjadi pada Pemilu 2019 kali ini.

    “Saya belum pernah menyaksikan sebuah proses pembusukan demokrasi yang segawat dan seugal-ugalan seperti yang kita lihat dalam pilpres tahun ini,” ungkap Amien Rais di bagian awal video yang ia posting melalui Instagram tersebut.

    Lebih lanjut, Amien Rais menyebutkan ada 4 stasiun televisi yang menayangkan hasil quick count pada hari H Pemilu 2019, Rabu (17/4) lalu. Ketika itu, diungkapkan ayah Hanum Rais ini bahwa ada insiden menarik yang sengaja diputarbalikkan. Namun ia tak menyebut keempat stasiun yang dimaksudnya.

    Baca Juga: Gas Pol! Jokowi Panggil Para Gubernur Se-Indonesia ke Istana Pasca-Pilpres 2019

    “Bagaimana mungkin kita melihat 4 televisi secara serentak pada hari H menayangkan quick count yang menang sesungguhnya 01. Tapi dalam dua menit dirubah sama sekali, dibalik untuk kemenangan 01,” tegas Amien Rais.

    Ia bahkan mengkritik proses entry data yang dinilai memiliki tujuan terselubung, yakni sengaja memangkas suara yang diraih kubu 02. “Juga entry data sampai sekarang ini kita lihat untuk memangkas 02, untuk memenangkan 01 secara maaf ya, secara ugal-ugalan,” sebutnya.

    Kasus pembakaran gudang kotak suara pun tak luput dari perhatian Amien Rais. Pada akhir video, ia memberi peringatan agar KPU tidak melakukan kecurangan. Ia menilai bahwa sekarang ini kredibilitas KPU telah berkurang drastis di mata rakyat.

    Oleh karena itu, ia kemudian mengatakan bahwa KPU akan berhadapan dengan seluruh rakyat Indonesia apabila mencoba-coba melakukan kecurangan.

    “Demikian juga pengalihan kotak suara, pembakaran beberapa gudang suara, dan lain-lain lah ya. Karena itu saya mengatakan KPU sudah makin tipis kredibilitasnya. Jadi Anda akan berurusan dengan rakyat yang sudah tidak percaya lagi pada KPU. Allahu Akbar. Merdeka,” seru Amien Rais.