Allahu Akbar! Menangis Saat Dengar Salawat, Youtuber Asal Korsel Putuskan Masuk Islam


SURATKABAR.ID – Ujung Oppa, seorang pria YouTuber asal Korea Selatan tengah menarik perhatian publik Tanah Air. Ia kini menjadi sorotan lantaran keputusannya yang ingin menganut agama Islam. Momen ketika Ujung Oppa resmi memeluk Islam ini sempat divideokan dan diunggahnya di akun YouTube, 24 Maret 2019 lalu. Dalam video tersebut, Oppa Ujung mengaku deg-degan saat mengucap dua kalimat syahadat di hadapan sejumlah ustadz.

Melansir halaman Viva.co.id, Sabtu (20/04/2019), kisah Oppa Ujung yang memutuskan jadi mualaf ini bikin merinding publik. Selama 15 tahun terakhir ini, ia mengakui sudah lama tertarik ingin memeluk agama Islam. Namun, ia mengaku dirinya punya ketakutan tersendiri.

Melalui akun YouTube keluarga The Sungkar, Ujung Oppa juga mengungkapkan soal kisah dan prosesnya hingga kemudian tertarik untuk hijrah.

Sewaktu ditanya apa alasan Oppa tertarik masuk Islam, dia mengatakan, “Awalnya saya enggak tertarik sih, karena kurang info di Korea Selatan. Di Korea sedikit yang memeluk Islam. Mereka yang memeluk Islam sembunyi-sembunyi,” bebernya bercerita.

Oppa Ujung mengakui, Islam ialah agama minoritas di negaranya. Namun sewaktu Oppa mulai berteman dengan banyak muslim yang berasal dari Indonesia, Oppa pun mulai terbiasa melihat aktivitas rekan-rekannya sebagai pemeluk Islam. Sebut saja, mulai dari melihat mereka melakukan aktivitas salat hingga melaksanakan ibadah puasa.

Baca juga: Saat yang Lain Masih Sebatas Angan, 8 Anak Seleb Ini Sudah Berangkat Umrah Sejak Balita

Hingga pada akhirnya, Ujung Oppa pun mengakui dirinya sering sekali ditanya banyak orang, apa yang membuatnya merasa bahagia dalam hidup ini. Menurut pengakuannya, dia tidak pernah merasa bahagia saat belum memeluk Islam.

“Tiap kali ditanya apa yang bikin aku bahagia, aku belum pernah jawab, aku merasa belum pernah bahagia. Tapi pas aku lihat orang Indonesia aku penasaran, lihat mereka kenapa bahagia. Aku pengen tahu rahasianya.”

Sejak saat itulah, ia mulai mendekati orang-orang Indonesia. Dan dari kedekatan dengan orang Indonesia itulah akhirnya dia merasa tertarik dengan ajaran Islam.

“Sejak lama aku pengen mengenal itu (Islam). Aku tertarik sama agama Islam, tapi enggak berani, karena takut ada banyak tantangan, larangan,” ujarnya.

Menangis Saat Dengar Salawat

Hingga tiba pada akhirnya, Oppa mengaku, dua tahun belakangan dia mendengarkan salawat yang dilantunkan oleh grup Sabyan Gambus.

“Aku pernah nangis juga dengar salawat meskipun aku waktu itu bukan muslim,” ucapnya.

Ia pun mengisahkan, sahabatnya di Korea sudah menjadi mualaf dan menikah dengan wanita bercadar. Waktu itu, sahabatnya mendapat cobaan, yakni dipecat dari pekerjaan.

“Kehidupan dia berubah drastis. Hidup dari nol. Meski dia dipecat dari kantor, dia tetap bahagia, ini menggerakkan hati saya, saya juga mau jadi bahagia dan akhirnya masuk Islam. Ini dari hati, aku merinding ceritanya,” ungkap Oppa terang-terangan.

Berikut adalah video ketika dirinya mengucapkan kalimat syahadat.

Melihat pengakuan Oppa, keluarga Sungkar mulai dari Shireen, Zaskia, Irwansyah dan Teuku Wisnu pun tak ayal jadi ikut terharu.

Tak hanya mereka saja. Para netizen baik muslim maupun pemeluk agama lain yang menyaksikan video itu pun ikut tersentuh hatinya dan merasa haru.

“Saya non muslim, tapi saya merinding dan menangis,” komentar seorang warganet menonton video itu.

Ada juga yang berkomentar, “Itulah kenapa Rasulullah mengatakan bahwa kita sebaiknya berkumpul dengan org2 yg sholeh. Karena pergaulan yg baik, dilingkungan yg baik, otomatis akan mempengaruhi kita dalam berprilaku dan bahkan bisa mengubah cara berpikir kita utk jauh lbh baik dlm memperbaiki diri.”