Dulu Dianggap Tak Masuk Akal, 5 Prediksi Ini Kini Malah Jadi Kenyataan


SURATKABAR.ID – Sudah sejak dulu manusia kerap melakukan perkiraan di dalam setiap aspek dan bidang kehidupan. Sebut saja mulai dari prakiraan cuaca, ramalan nasib hingga berbagai bentuk prediksi lainnya. Dan ini termasuk juga di bidang perkembangan teknologi. Seringnya sebuah prediksi, ramalan atau prakiraan tersebut akan terdengar konyol pada zamannya. Bahkan tak jarang, banyak yang menanggapi sebagai angin lalu dengan anggapan hal itu tak masuk akal.

Meski begitu, ada beberapa prediksi yang dulu dianggap tak masuk akal dan kini malah menjadi kenyataan. Orang zaman dulu kerap menganggap beberapa prediksi ini mustahil untuk terjadi. Contoh nyatanya seperti saat Nostradamus, yang merupakan nama Latin dari Michel de Nostredame meramalkan soal kebangkitan Hitler dan serangan 9/11. Sebagaimana diketahui, Nostradamus (Michel de Nostredame) ini ialah peramal kenamaan asal Prancis.

Dan kini, tak hanya soal ramalan Nostradamus saja. Faktanya, berbagai prediksi di bidang teknologi digital saat itupun telah menjadi kenyataan di masa depan; yakni saat ini. Dikutip dari TribunTravel.com, Rabu (27/03/2019) dari halaman TheVintagenews.com, berikut 5 prediksi masa lalu yang menjadi kenyataan di zaman sekarang.

1. Kacamata TV

Kacamata VR (Virtual Reality) beberapa tahun terakhir memang tengah menjadi tren. Hampir semua orang memilikinya. Penggunaanya pun hampir mirip seperti ketika menonton film 3D di bioskop.

Uniknya, jauh sebelum penemuan kacamata VR, sebuah ilustrasi yang memprediksikan hal ini ternyata pernah dibuat pada 1963 untuk Life Magazine. Di dalamnya, penulis fiksi ilmiah terkenal bernama Hugo Gernsback, memakai model dari alat yang disebutkan dalam satu cerita.

Baca juga: Di Vietnam Daging Tikus Jadi Santapan Favorit, Bahkan Harganya Sampai Segini

Saat itu, Hugo menyebut alat ini “kacamata TV.” Dia membayangkan jika orang-orang di masa depan dapat menonton TV begitu dekat, pada titik di mana mereka dapat berinteraksi dengan layar.

Sebuah prediksi yang cukup akurat.

2. Vakum pembersih robotic

Pada tahun 1910, Jean-Marc Côté dan tim ilustratornya memutuskan untuk membuat satu set ilustrasi yang mereka namakan “En L’An 2000”.

Semua ilustrasi dalam koleksi ini cukup lucu, dan beberapa di antaranya bahkan lebih akurat ketimbang yang lain.

Ada satu ilustrasi menunjukkan sebuah robot yang bisa membersihkan rumah. Electric Scrubbing. Padahal saat itu perkembangan robot masih belum berkembang seperti di zaman sekarang.

Namun kemudian, di awal abad 21, teknologi robotika mulai berkembang pesat. Beberapa perusahaan mulai memproduksi robot yang berfungsi untuk membersihkan rumah.

3. Kelas digital

Ilustrasi ini dibuat pada tahun 1969 oleh Shigeru Komatsuzaki, untuk sebuah majalah Jepang bernama Computopia.

Shigeru Komatsuzaki memberi judul karyanya The Rise of the Computerized School dan menggambarkan tentang bagaimana ruang kelas di masa depan.

Pada ilustrasi tersebut, terlihat guru dalam sebuah gambar pada layar dan setiap siswa memiliki komputer. Guru digital akan memeriksa kemajuan siswa secara otomatis.

Selain itu, perhatikan bagaimana robot menghukum siswa yang tidak taat.

Kendati dulu gambar ini hanya dianggap khayalan, namun kini banyak negara yang telah menerapkan penggunaan komputer di dalam kelas. Beberapa negara bahkan menyediakan PC (Personal Computer) untuk setiap siswa, seperti yang digambarkan di atas.

Selain itu, pendidikan jarak jauh dan e-learning juga sudah menjadi suatu hal yang biasa di zaman sekarang.

4. Panggilan Video (Video Call)

Teknologi ini rupanya telah lama diperkirakan oleh banyak penulis, futuris dan ilustrator di masa lalu. Ini adalah satu ilustrasi paling awal tentang penggilan video yang dibuat pada tahun 1930.

Pada ilustrasi itu, terlihat dua wanita sedang duduk di sebuah kafe, menikmati dan chatting melalui panggilan video dengan orang lain yang sedang berada di tempat yang berbeda.

Jika melihat kenyataan saat ini, tentu gambaran ini merupakan sebuah prediksi yang akurat bukan?

5. Pengemudi mobil otomatis

Ilustrasi ini muncul di sampul majalah Popular Science pada Juni 1940. Ini tentu merupakan sebuah prediksi menakjubkan yang benar-benar menjadi kenyataan.

Saat ini, perusahaan seperti Mercedes dan banyak produsen mobil besar lainnya sedang bekerja keras membuat kendaraan otonom yang aman dan terpercaya.