Di Provinsi Ini, Elektabilitas Prabowo-Sandiaga 44% dan Jokowi-Ma’ruf Amin Hanya 38%


SURATKABAR.ID Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dibanding Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin di Provinsi Sulawesi Tenggara. Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan oleh The Haluoleo Institute.

Hasil survei tersebut menunjukan jika Elektabilitas Prabowo-Sandiaga berada pada angka 44,02 persen, sementara Jokowi-Ma’ruf 38,4 persen.

Survei itu dilakukan pada 18-23 Februari 2019 dengan jumlah 660 responden dari 17 kabupaten/kota di Sultra. Lembaga ini juga merilis hasil survei elektabilitas tiap paslon dari enam dapil di Sultra.

“Itu merupakan rilis kami, namun bisa berubah tergantung dari tim masing-masing pasangan, karena masih ada 17,4 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya,” kata Direktur The Haluoleo Institute Naslim Sarlito di Kendari, Minggu (10/3/2019), dikutip dari detik.com.

Prabowo-Sandiaga juga disebut unggul di Dapil I (Kota Kendari). Pasangan yang diusung Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN ini memperoleh elektabilitas 55,1 persen, sementara Jokowi-Ma’ruf memperoleh elektabilitas 27,5 persen serta jumlah warga yang belum menentukan pilihan 17,4 persen.

Baca Juga: 6 Artis Ini Dulu Dikenal Sebagai Bintang Panas, Kini Ada yang Jualan Lontong Hingga Istri Pejabat

Untuk Dapil II (Kabupaten Konawe Selatan dan Bombana), Jokowi-Ma’ruf disebut unggul dengan elektabilitas 43,3 persen dan Prabowo-Sandiaga 40,8 persen serta warga yang belum menentukan pilihan 15,9 persen. Kemudian di Dapil III (Kabupaten Muna, Muna Barat, dan Buton Utara), Jokowi-Ma’ruf unggul dengan elektabilitas 47 persen, dan Prabowo-Sandiaga 45% dan warga yang belum menentukan pilihan 8,0 persen.

Selanjutnya, di Dapil IV (Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, dan Wakatobi), Jokowi-Ma’ruf disebut masih unggul dengan 48,7 persen disusul Prabowo-Sandiaga 39,3 persen dan warga yang belum menentukan pilihan sebanyak 18,0 persen. Berikutnya, Dapil V (Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Timur) Prabowo-Sandiaga mendapat 57,4 persen, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 23,1 persen serta warga yang belum menentukan pilihan sebanyak 15,2 persen.

Terakhir, untuk Dapil VI (Kabupaten Konawe, Konawe Utara, dan Konawe Kepulauan) diungguli Prabowo-Sandiaga 38,9 persen, Jokowi-Ma’ruf mendapat 30 persen, dan yang belum menentukan pilihan 31,1 persen. Namun Naslim mengatakan angka tersebut bisa saja berubah.

Sumber: detik.com