Kalahkan Tol Cipali, Inilah Jalan Tol Terpanjang Indonesia yang Baru Diresmikan Jokowi


SURATKABAR.ID – Jalan bebas hambatan terpanjang di Indonesia mulai hari ini bukan lagi dimiliki oleh Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Ternyata, jalan tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar panjangnya telah melampaui Tol Cipali. Dan hari ini, Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) meresmikannya.

Mengutip Kompas.com, Jumat (08/03/2019), Tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar ini mempunyai panjang 140,9 kilometer dan diresmikan hari ini, Jumat (08/03/2019) pagi.

Sesuai rencana, Presiden Jokowi meresmikan langsung tol yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) tersebut.

Dari informasi yang dihimpun, Jokowi terbang dari Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju provinsi Lampung pukul 07.00 WIB. Jokowi terlebih dulu akan melakukan peresmian bandara setibanya di Bandara Raden Inten II, Lampung Selatan.

Setelahnya, barulah Jokowi menuju gerbang tol Natar untuk melakukan peresmian ruas tol. Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang diresmikan Jokowi memiliki panjang 140,9 kilometer.

Baca juga: Blak-blakan! Gus Mus Bicara Soal Politik Indonesia, Agama dan Perang Badar

Tol ini akan menjadi jalan bebas hambatan terpanjang setelah Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang membentang 116,75 kilometer.

“Insya Allah, betul. Pukul 08.30 WIB oleh Bapak Presiden RI,” ungkap Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo ketika dihubungi pada Kamis (07/03/2019) malam, demikian melansir WartaKota.TribunNews.com.

Menurutnya, seremoni peresmian dilaksanakan di Gerbang Tol (GT) Natar, Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Senada dengan Bintang, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja membenarkan informasi peresmian tol tersebut.

Senada dengan Bintang, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja membenarkan informasi peresmian tol tersebut.

“Beroperasi penuh, tapi akan dibebaskan dulu tarifnya untuk dua minggu atau satu bulan ke depan, sekaligus sebagai masa uji coba untuk masyarakat bisa menikmati ruas tolnya,” imbuh Endra.

Namun, ia menambahkan, kepastian tentang masa berlaku pembebasan tarif itu akan disampaikan langsung oleh Jokowi saat peresmian.

Sementara dari informasi yang dihimpun awak pers, tarif yang diusulkan untuk tol ini sebesar Rp 840 per kilometer. Bila usulan tarif itu disetujui, akan diputuskan secara resmi melalui SK Menteri PUPR.

Sebagai informasi, pekerjaan konstruksi Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dibagi menjadi empat paket.

Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 39,4 kilometer sudah selesai dan beroperasi pada Januari 2018.

Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru (40,6 kilometer),

Paket 3 Kotabaru-Metro (29 kilometer),

Paket 4 Metro-Terbanggi Besar (31,93 kilometer) sudah rampung pekerjaan konstruksinya pada Desember 2018.

Lebih lanjut, usai peresmian tol, Presiden Jokowi rencananya akan ke Masjid Al-Furqon untuk melaksanakan salat Jumat sekaligus pemberian sertifikat wakaf. Lalu Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke salah satu media lokal di Lampung.

Setelah diresmikan, tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar ini akan menyandang tahbis sebagai yang terpanjang di Indonesia.

Sebelumnya, gelar jalan bebas hambatan terpanjang disematkan pada Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang membentang 116,75 kilometer.

[wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]