Wah! Sekaliber Menteri Ternyata Pernah Hampir Ditolak Masuk Istana. Seperti Apa Kisahnya?


SURATKABAR.ID – Kementerian Keuangan sempat merilis sebuah video dokumenter melalui channel YouTube resmi, @KemenkeuRI. Dikisahkan keteladanan Menteri keuangan Mar’ie Muhammad pada zaman Orde Baru. Ada satu kisah menarik yang diangkat, di mana orang sekaliber menteri ternyata pernah hampir ditolak masuk ke dalam Istana. Kok bisa?

Mar’ie Muhammad, seperti yang dihimpun dari laman Detik.com pada Rabu (6/3/2019), dikenal sebagai sosok pejabat yang lekat dengan kesederhanaan, keberanian, dan juga kejujurannya. Oleh karena itu, julukan sebagai Mr. Clean pun tersemat padanya.

Bahkan salah satu terobosan Mar’ie yang paling dikenang hingga detik ini adalah keberaniannya secara langsung menghitung pajak presiden yang ketika itu dijabat oleh Soeharto.

Di dalam video berdurasi 5 menit 44 detik ini, Mr. Clean sempat dikisahkan dianugerahi penghargaan bintang Mahaputra oleh Presiden ke-2 RI Soeharto. Dan ketika akan menerima penghargaan tersebutlah, Mar’ie mendapatkan sebuah pengalaman unik.

Baca Juga: Salut! Demi Jaga Salat Tepat Waktu, Kapolda Sulsel Tegas Nyatakan Siap Dicopot

Sang anak, Rahmasari Muhammad mengungkapkan bahwa ayahnya pernah dicegat ketika hendak memasuki Istana Negara. Alasannya benar-benar di luar dugaan. Cuma gara-gara mengendarai mobil Toyota Kijang keluaran lawas, Mar’ie harus mendapatkan penolakan.

“Waktu mau terima penghargaan Bintang Mahaputra, beliau menggunakan mobil Toyota Kijang zaman dulu, yang jadul dan itu hampir ditolak masuk ke Istana,” ungkap Rahmasari.

“Karena mobilnya terlalu jelek mungkin ya, sampai akhirnya beliau membuka pintu dan menunjukkan mukanya,” imbuh Rahmasari lebih lanjut.

“Saya Mar’ie Muhammad, saya mau terima penghargaan,” ujar Rahmasari menirukan sang ayah.

Baru dari situlah Mar’ie Muhammad diperkenankan masuk ke dalam Istana Negara dan menerima penghargaan dari Presiden Soeharto.

Tentang mobil Toyota Kijang sendiri sebenarnya sudah sejak lama melenggang di Indonesia. Debut pertama Toyota Kijang di Tanah Air adalah pada tahun 1977 hingga 1981. Saat inilah disebut sebagai generasi pertama.

Lalu dari tahun 1981 hingga 1986 merupakan generasi kedua. Dan tahun 1986 hingga 1996 menjadi generasi ketiga. Di antara lintas generasi tersebut, mana kira-kira yang merupakan kepunyaan Mr.Clean sampai-sampai membuatnya hampir batal masuk Istana?