Dipulangkan Karena Limit BPJS, Pasien Obesitas di Jawa Barat Meregang Nyawa


SURATKABAR.ID – Pasien obesitas asal Karawang, Sunarti (40), meregang nyawa pada Sabtu (02/03/2019) pagi. Perempuan itu menghembuskan nafas terakhir saat berbaring di tempat tidurnya menjelang Azan Subuh. Kurang lebih pukul 4.00 WIB, suasana duka menyelimuti rumah Sunarti yang terletak di Perumahan Terangsari Blok E9 nomor 25, Kecamatan Klari, Karawang Timur.

Dilansir dari laporan Detik.com, Minggu (03/03/2019), Sunarti meninggal setelah pulang dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.

“Meninggal Sabtu subuh sekitar pukul empat. Sunarti meninggal di rumahnya setelah keluar dari RSHS (RS Hasan Sadikin),” ujar Asip Suhenda, Kepala Seksi Kesos Kecamatan Klari kepada awak media di rumah duka.

Tiba di rumahnya pada Jumat sore (01/03/2019), tak ada yang menyangka jika Sunarti akan meninggal setelah melewati malam.

Sehari sebelum meninggal, Sunarti keluar dari RS Hasan Sadikin Bandung. Di rumah sakit itu, Sunarti sempat menjalani operasi bariatrik yang berfungsi untuk memperkecil ukuran lambung pada Senin (18/02/2019).

Baca juga: Sunarti, Pasien Obesitas Asal Karawang Meninggal Dunia

“Dokter bilang keadaan Sunarti mengalami perkembangan selama menjalani perawatan intensif setelah operasi,” imbuh Asip.

Namun ada hal lain yang dituturkan Asip. Pasalnya, ia mengatakan bahwa Sunarti dipulangkan dari RSHS karena kuota BPJS miliknya sudah habis.

“BPJS kan ada limitnya. Katanya sudah habis, makanya dianjurkan berobat jalan karena dokter bilang kondisi Sunarti sudah ada perkembangan,” tambahnya kemudian.

Kini jenazah Sunarti masih berada di rumah duka. Rencananya siang ini, Sunarti akan dimakamkan di samping makam ibunya. Lokasinya terletak di kampung Anjun, Kelurahan Karawang Kulon Kecamatan Karawang Barat.

“Ini permintaan keluarganya,” tutup Asip kemudian.