Ternyata Bisa Mendeteksi Kesehatan Menggunakan Upil, Begini Caranya


SURATKABAR.ID – Mengupil, kegiatan paling mengasyikkan untuk menghabiskan waktu. Namun tak sedikit yang menganggap aktivitas tersebut menjijikkan. Apalagi jika setelah mengupil tidak segera mencuci tangan dan bahkan meninggalkan upil mereka sembarangan di bawah meja. Iyuhh!

Mengupil merupakan kegiatan biologis yang biasa kita lakukan untuk mengeluarkan kotoran hidung. Biasanya untuk melakukannya, kita menggunakan jari telunjuk. Meski ada juga yang menggunakan kelingking.

Dan upil sendiri terbentuk dari kotoran udara yang kita hidup. Kotoran atau debu yang tersaring bulu hidung kemudian bercampur lendir. Debu yang bercampur dengan lendir ini akan menumpuk dan mengeras lalu membentu upil.

Ternyata ada macam-macam warna berbeda dari upil yang dihasilkan. Mulai dari putih, hijau, coklat, merah, hingga kuning. Dan siapa sangka dari warna upil kita bisa mengetahui apa yang terjadi pada tubuh. Simak penjelasannya seperti dihimpun dari Kumparan.com, pada Selasa (7/3/2017) berikut:

1. Upil Berwarna Putih

Baca Juga: Meski Dianggap Jorok, Makan Upil Ternyata Menyehatkan. Ini Buktinya?

Lendir atau mucus yang terdapat pada saluran hidung tersumbat, mengental dan mongering lantaran hilangnya kelembaban. Jika upil Anda berwarna putih, tak perlu khawatir. Pasalnya ini menandakan Anda tengah mengalami dehidrasi biasa atau alergi. Dan kondisi tersebut adalah hal yang wajar.

2. Upil Berwarna Kuning Kehijauan

Jika Anda mendapati upil berwarna kuning kehijauan, tandanya tubuh tengah terinfeksi virus flu atau sedang sakit. Virus yang terbawa oleh sel darah putih tersebut menuju saluran hidung. Ketika virus tersebut mati, upil akan berubah warna menjadi kuning atau ada juga yang berwarna coklat pucat.

Apabila Anda mendapati upil berwarna kuning atau hijau, disarankan untuk banyak beristirahat dan minum air putih. Anda mungkin akan merasa kurang sehat atau demam selama beberapa hari, oleh karena itu perbanyak vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Upil Merah Kecoklatan

Bagaimana bisa upil berwarna merah kecoklatan ini artinya kotoran hidung Anda bercampur darah. Darah keluar bercampur ingus disebabkan karena lapisan mukosa berisi pembuluh darah tengah terluka. Untuk menghindari kondisi ini, jangan terlalu keras menggosok, menekan, dan bersin.

Selama jumlah darah yang keluar sedikit dan masih dalam batasan wajar, Anda tak perlu cemas. Yang perlu ditakutkan adalah ketika darah yang keluar terlalu banyak dan dalam waktu panjang. Jika demikian disarankan untuk segera ke dokter. Ditakutkan Anda terkena sinus atau penyakit berbahaya lain.

4. Upil Berwarna Hitam

Kotoran hidung juga bisa berwarna hitam atau gelap. Hal ini dikarenakan upil terkontaminasi dengan debu, kotoran, dan polusi. Ini biasa dialami mereka yang tinggal di kota-kota besar yang pada kendaraan bermotor.

Lantas bagaimana hal tersebut bisa mempengaruhi kotoran hidung hingga berwarna hoitam? Ternyata karena lendir yang diproduksi hidung Anda ‘menjebak’ debu dan kotoran dari polusi kota sehingga mengubah upil menjadi hitam.

Anda bisa mengatasi hal ini dengan sangat mudah. Caranya adalah dengan selalu mengenakan masker. Dengan masker, maka udara kotor yang ada di sekeliling Anda dan terhirup akan lebih steril dan bersih.