Lokasi Nobar Debat Capres 2019 Diguncang Ledakan, Polisi Ungkap Fakta-Fakta di Balik Teror


SURATKABAR.ID – Sebuah ledakan yang cukup keras mewarnai pelaksanaan Debat Kedua Calon Presiden (Capres) 2019. Teror terjadi di dekat lokasi digelarnya nonton bareng (nobar) debat di Parkir Timur (Parkit) Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

“Tempatnya agak jauh dari lokasi nobar, kok,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menjelaskan insiden ledakan tersebut melalui sambungan telepon, pada Minggu (17/2), seperti yang dikutip dari laman Detik.com.

Dedi menyebutkan bahwa ledakan terjadi di lokasi parkir. Ketika ledakan terjadi, yakni sekitar pukul 20.15 WIB, debat capres putaran kedua tengah berlangsung. “TKP jauh dari lokasi nobar dan tempat parkir. Itu ada di semak-semak dan di bawah pohon,” imbuhnya.

Setelah ledakan terjadi, tim Gegana Polda Metro Jaya bergegas mendatangi lokasi. Berikut sejumlah fakta penting terkait ledakan yang menggemparkan tersebut, seperti yang dihimpun dari laman Detik.com pada Senin (18/2/2019):

Ledakan Terdengar Seperti Bom

Raja Ginting, salah seorang saksi mata ledakan bom di Parkir Timur Senayan yang kebetulan berada di dekat lokasi kejadian menyebut ketika terdengar suara ledakan, tidak ada percikan api yang muncul. Ia hanya mengungkap terlihat ada asap hitam pasca ledakan.

Baca Juga: Debat Capres Dinilai Kurang Greget, Media Asing: Mereka Seperti Robot

“Seperti bom, asap hitam. Getaran ada, besar sekali getarannya,” jelas Raja Ginting.

TKP Ledakan di Bawah Pohon

Menurut penuturan pihak kepolisian, ledakan petasan di area Parkit Senayan dan Stadion Aquatic, Jalan Stadion Senayan, berasal dari bawah pohon. Adapun lokasi ledakan tersebut cukup jauh dari lokasi nobar Debat Kedua Capres 2019.

“TKP (tempat kejadian perkara) jauh dari lokasi nobar dan tempat parkir. Itu ada di semak-semak dan di bawah pohon,” tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

Asal Ledakan Bersumber dari Petasan

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Purnomo mengungkapkan ledakan yang terjadi di area Parkir Timur Senayan dan Stadion Aquatic, Jalan Stadion Senayan, berasal dari petasan. Usai kejadian, polisi langsung melakukan pengecekan terhadap CCTV yang ada di sekitar lokasi.

“Kita melakukan pengamanan TKP dan olah TKP dengan jibom hasil sementara yang kita temui sementara ini berupa ledakan petasan,” tutur Gatot yang ditemui di sekitar lokasi terjadinya ledakan, Minggu (17/2) malam.

7 Korban Dilarikan Ke RS

Wakil Kepala Rumah Aspirasi Tim Kampanye nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Michael Umbas, menuturkan tujuh relawan menjadi korban dari peristiwa tersebut. Dua orang dilarikan ke RS Mintoharjo, sementara lima lainnya dibawa ke RS Pelni, Petamburan, Jakarta Barat.

“Betul (ada korban). Kebetulan setelah selesai acara kami sudah melakukan kroscek ke rumah sakit,” ujar Umbas ketika dihubungi, Minggu (17/2). “Gendang telinga pecah yang satu, yang satu terkena serangan jantung karena ledakan,” imbuhnya.

Suara Ledakan Sebabkan Penonton Debat Kocar-Kacir

Berjarak sekitar 200 meter dari sumber ledakan adalah tempat pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 mengikuti nobar Debat Capres 2019. Tiba-tiba terjadi ledakan. Suaranya yang cukup kuat sukses mengejutkan banyak orang di sekitar lokasi.

Mereka pun langsung lari tunggang-langgang ke segala penjuru. Ada yang berlari mencari perlindungan ke Stadion Aquatic, yang lain berhamburan ke arah JCC. Adapun lokasi debat sendiri berada di Hotel Sultan, di mana hanya berjarak tak lebih dari 1 km dari Stadion Aquatic.

[wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]