Debat Pilpres Kedua Akan Beri Pengaruh Besar ke Bursa Saham


SURATKABAR.ID – Hari ini, Minggu (17/02/2019), debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan dilaksanakan. Ada pun yang menjadi tema debat Pilpres kedua ini berkaitan dengan Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam serta Lingkungan Hidup. Dan yang tak ketinggalan adalah Infrastuktur.

Mengutip Liputan6.com, Minggu (17/02/2019), Managing Director Jagartha Advisors FX Iwan mengungkapkan, tingkat optimisme masing-masing pasangan calon (paslon) baik itu nomor urut 01 dan 02 akan jelas mempengaruhi kepercayaan investor. Apalagi mengingat bahwa salah satu sub-tema yang diusung nanti ialah infrastruktur.

“Optimisme tentunya akan memberikan harapan kepada para pelaku pasar modal bahwa siapapun yang menang dalam pilpres mendatang akan membawa stabilitas politik, kepastian hukum dan juga melanjutkan program-program yang sudah baik,” ungkapnya kepada awak media.

Ia lantas melanjutkan, gencarnya pembangunan infrastruktur belakangan ini menunjukkan bagaimana Indonesia sanggup menyelesaikan program kerja di tengah ketidakpastian perekonomian global yang terjadi sepanjang 2018 lalu.

“Oleh karenanya, penting masing-masing paslon untuk terus melakukan perbaikan guna menjadikan Indonesia sebagai tempat tujuan investasi yang menarik,” tandasnya lagi.

Baca juga: Ahok Diisukan Akan Mengganti Ma’ruf Amin, Jokowi: Tidak Mungkin

Selain itu, setiap pernyataan (statement) masing-masing paslon dinilai akan turut andil untuk mempengaruhi laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di bursa saham ke depannya.

“Salah satu keunggulan incumbent dalam debat capres ini adalah hasil-hasil kerja yang sudah terlihat selama periode kepemimpinan. Jika keunggulan in dapat dilanjutkan tentunya akan memberikan kepastian bagi investor dan membuat iklim investasi menjadi menarik,” tutupnya kemudian.

2.000 Personel TNI-Polri Dikerahkan

Sementara itu, sebanyak 2.000 personel akan diterjunkan untuk mengamankan debat capres di Hotel Sultan, Jakarta Selatan. Dalam debat ini, capres Jokowi dan Prabowo akan beradu gagasan tentang tema Energi, pangan, sumber daya alam, infrastruktur dan lingkungan hidup.

“Untuk pengamanan debat capres putaran 2 yang ada di Hotel Sultan dari kepolisian menyiapkan 2.000 personel gabungan Polri TNI,” tukas Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (14/02/2019).

Menurut penjelasannya, nantinya para personel keamanan akan disebar ke beberapa titik yang dianggap rawan. Terlebih, pada titik atau jalur yang dilalui peserta debat.

“Jadi pengamanan yang difokuskan di ring satu dari debat itu sendiri. Nanti ada paspampres di ring 1, ring 2 nanti TNI-Polri, dan ring 3 ada Polri yang untuk mengatur jalannya keluar masuk kendaraan menuju Hotel Sultan,” bebernya.

Meski demikian, mengenai apakah akan adanya pengalihan arus jalan saat debat capres tidak dijelaskannya dengan rinci. Namun dia mengatakan pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan tergantung situasinya nanti.

“Apakah nanti ada pengalihan arus atau buka tutup atau nanti melewati busway itu nanti diskresi yang dilakukan Dirlantas Polda Metro. Jadi Masalah rekayasa lalin kita tunggu hari H nya,” katanya.

Diketahui, debat kedua Pilpres 2019 akan malam ini, Minggu (17/2/2019) pukul 20.00 WIB. Jalannya debat akan ditayangkan secara langsung di Detik.com lewat live streaming. Selain itu dapat juga disaksikan di RCTI, MNC TV & INews TV, demikian menukil sumber Detik.com dan Banjarmasin.TribunNews.com. Momen pradebat dan pascadebat juga akan ditayangkan.

Selain live streaming, jalannya debat juga bisa disimak lewat live report. Ada pula cek fakta yang akan menguji pernyataan-pernyataan capres-cawapres selama debat. Debat kedua ini memang digelar khusus antarcapres. Sementara itu, dua cawapres, yakni Ma’ruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno, akan bertarung gagasan di debat ketiga nanti.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.