Penambang Emas Tewas dengan Kepala Terpenggal, Pelaku Anggota MIT Ali Kalora


SURATKABAR.ID – Penemuan jasad dengan kepala terpisah menggemparkan warga Dusun 1 Salubose, Desa Salubanga, Kabupaten Parigi Mountong, Sulawesi Tengah. Diketahui, identitas korban mutilasi adalah pria bernama Ronal Batau alias Anang (34).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulawesi Tengah AKBP Heri Murwono, seperti yang dilansir dari Kompas.com pada Senin (31/12/2018), membenarkan kejadian tersebut. Ia mengungkapkan masyarakat setempat melapor pada Minggu (30/12) sekitar pukul 15.00 WITA.

“Saat ini tim telah bergerak menuju TKP dari Polsek Sausu. Dan mereka sudah bergerak menuju TKP sejak pukul 18.40 WITA. Perkiraan perjalanan sekitar 1,5 jam,” ungkap AKBP Heri Murwono ketika dimintai konfirmasi pada Minggu (30/12).

Kronologis kejadian berbekal dari informasi masyarakat. Seorang pria bernama Aco mengaku menemukan benda seperti kepala manusia yang diletakkan di atas jembatan di Dusun 1 Salubose sekitar pukul 11.00 WITA. Ia mengaku tak berani mendekat.

Aco lantas menceritakan hasil temuannya kepada kawannya, Oge. Mereka berdua lalu bersama-sama mengecek untuk memastikan apa yang dilihat Aco adalah kepala manusia. Setelah dilihat dari dekat, keduanya mengenali potongan kepala itu adalah milik RB.

Baca Juga: Astaghfirullah! Hilang Misterius di Gunung Slamet, Tak Disangka Begini Kondisi Terakhir Seorang Santri Tegal

“Dari keterangan saksi, korban mutilasi ini adalah seorang penambang emas tradisional. Sekarang polisi tengah melakukan pengembangan atas kasus ini,” imbuh Kabid Humas Polda Sulteng tersebut lebih lanjut.

Proses Evakuasi Diwarnai Tembakan OTK

Dua personil Kepolisian Resor (Polres) Parigi Mountong diberondong tembakan oleh orang tak dikenal (OTK) di Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Senin (31/12) pagi ketika akan mengevakuasi jenazah korbanpembunuhan sekaligus mutilasi di wilayah tersebut.

“Saat ini, mereka telah dievakuasi menuju RS Bhayangkara Palu,” tutur Kapolres Parigi Moutong AKBP Zulham Lubis, dikutip CNNIndonesia.com dari Antara pada Senin (31/12/2018). “Anggota sempat melakukan pembalasan dengan menembak OTK itu,” imbuhnya.

Pelaku Mutilasi Anggota MIT Ali Kalora

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan pelaku mutilasi di Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, adalah anggota kelompokmMujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso.

“Pelaku dari mutilasi itu adalah kelompok DPO MIT Poso yang dipimpin oleh Ali Kalora cs,” ungkap Dedi ketika ditemui di kantor Divisi Humas Polri, Jakarta, pada Senin (31/12). “Saat ini masih dalam pengejaran Satgas Tinumbala Polda Sulteng,” tambah Dedi.

Sebelumnya, pihak kepolisian Polres Parigi Moutong dibantu Reskrim Polres Parigi Moutong, Intel, dan masyarakat setempat, melakukan evakuasi tubuh korban mutilasi. Setelah berhasil menemukan jasad korban, mobil tim dihadang beberapa ranting dan pohon yang memang sengaja dibuat oleh kelompok MIT Poso.

Menurut Dedi, salah seorang anggota lalu turun dari mobil untuk membuka jalan yang dihalangi ranting dan pohon. Namun kemudian terjadi penembakan yang mengenai bahu dua petugas kepolisian. “Sementara itu, para pelaku penembakan melarikan diri ke atas gunung dan ke dalam hutan,” ujar Dedi.