Ditantang Baca Alquran Oleh Da’i Aceh, Kubu Jokowi Tegas Jawab Begini


SURATKABAR.ID – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin, Arya Sinulingga, menjawab tantangan yang diberikan Ikatan Dai Aceh kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Seperti diketahui, Ikatan Dai Aceh memberikan tantangan tes baca ayat Alquran kepada Jokowi. Tantangan ini pun diterima oleh TKN Jokowi, menurut Arya Sinulingga pihaknya siap memenuhi tantangan tersebut.

“Kami dari pihak TKN, menyatakan Pak Jokowi sangat siap menerima tawaran yang diberikan kawan-kawan Ikatan Dai Aceh,” kata Sinulingga, Sabtu (29/12/2018), seperti dikutip dari tempo.co.

Arya menuturkan, pihaknya memahami maksud tantangan yang diberikan Ikatan Dai Aceh tersebut. Menurutnya, salah satu syarat untuk bisa menjadi pemimpin di Aceh adalah harus bisa membaca Alquran dan mengaji.

Baca juga: Sebut Jokowi Tak Pernah Culik dan Aniaya Orang, Ma’ruf Amin Sindir Prabowo?

“Kami yakin Pak Jokowi siap. Bahkan kalau kubu Prabowo meminta, misalnya, dibuat tertutup dan hanya didengarkan oleh para juri, itu pun kita bersedia,” tutur Arya.

Sebelumnya, Dewan Ikatan Dai Aceh mengusulkan adanya tes baca Alquran bagi kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden. Tantangan tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Dai Aceh, Tgk Marsyuddin Ishak di Banda Aceh.

“Untuk mengakhiri polemik Keislaman capres dan cawapres, kami mengusulkan tes baca Alquran kepada kedua pasangan calon,” ujar Tgk Marsyuddin, Sabtu (29/12/2018).

Tgk Marsyuddin mengatakan, pihaknya berencana mengundang Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk mengikuti uji mampu baca Alquran. Tes tersebut rencananya akan dilakukan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada 15 Januari 2019 mendatang.

Selain itu, menurut Tgk Marsyuddin, orman lain di sejumlah daerah di Indonesia juga telah lebih dulu mengusulkan tes serupa bagi capres dan cawapres. Hal ini juga untuk mengakhiri polemik mengenai keislaman kedua pasangan calon yang kerap diperdebatkan publik.