25 Kader Sumsel Dukung Jokowi-Ma’ruf, PAN Beber Fakta Mengejutkan


    SURATKABAR.ID – Sejumlah kader di Partai Amanat Nasional (PAN) di Sumatera Selatan (Sumendeklarasikan dukungan kepada capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin.

    Deklarasi tersebut tentu memicu polemik karena PAN sebenarnya mengusung capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

    Terkait deklarasi tersebut, Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno buka suara. Ia memastikan bahwa sebagian besar yang mendukung Jokowi-Ma’ruf bukanlah kader PAN. Menurutnya, dari 25 orang yang ikut deklarasi, hanya dua yang tercatat sebagai kader PAN.

    “Dua pentolannya itu adalah kader yang tidak aktif dan tidak produktif. Makanya kami enggak pernah minta dia duduk di kepengurusan,” terang Eddy, Jumat (14/12/2018), seperti dikutip dari kompas.com.

    Baca juga: Dihadiri Sedikit Anggota, Rapat Paripurna DPR Masa Sidang II Kembali Sepi

    Sementara itu, 23 orang lainnya sama sekali bukan kader PAN. Eddy menduga mereka adalah orang yang disewa untuk meramaikan deklarasi.

    “Dan yang di belakang-belakang yang ada di foto itu malah bukan kader sama sekali. Itu mungkin hanya orang yang disewa, dipakaikan baju PAN untuk ikut berfoto,” lanjutnya.

    Eddy melanjutkan, terkait adanya 25 kader DPW PAN Sumsel yang mendukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019, dirinya mengetahui dari foto yang beredar. Meski begitu, menurutnya orang-orang dalam foto mengenakan seragam PAN yang salah.

    Oleh karena itu, Eddy memastikan bahwa PAN Sumsel masih mendukung Prabowo-Sandiaga. “DPW PAN Sumsel juga sudah menyatakan bahwa mereka tidak merepresentasikan PAN di Sumsel sama sekali,” kata Eddy.

    Sebelumnya, 25 orang yang mengaku sebagai kader PAN DPW Sumsel mendeklarasikan dukungan pada Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019. Deklarasi ini disampaikan di restoran Rumah Bari Palembang, Sumsel, pada Rabu (12/12/2018) kemarin.

    Dalam acara tersebut juga terpasang spanduk berukuran 5×2 meter dengan tulisan ‘Kader dan Simpatisan DPW Partai Amanat Nasional Sumatera Selatan mendukung Ir H Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024’.

    Namun, Wakil Ketua Bidang Hukum DPW PAN Sumsel Darussalam juga menegaskan bahwa 25 orang tersebut bukanlah kader PAN. Ia mengimbau oknum tersebut segera meminta maaf telah mencatut nama PAN, serta akan membawa kasus ini ke jalur hukum.