Menyoal Pembangunan Infrastruktur Tanpa Utang Sandiaga, Begini Respons Tak Terduga Erick Thohir


SURATKABAR.ID – Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Erick Thohir, mengaku ingin belajar dari calon wakil presiden nonor urut 02 Sandiaga Uno tentang pembangunan infrastruktur tanpa perlu berutang.

Hal tersebut, seperti yang dilansir dari laman Kompas.com pada Senin (10/12/2018), disampaikan Erick sebagai tanggapan atas pernyataan Sandiaga. Sebelumnya, Sandiaga menyatakan bakal melanjutkan pembangunan infrastruktur tanpa utang.

Diketahui, Sandiaga menyampaikan hal tersebut ketika berkunjung ke Pesanggrahan, Jakarta. Ia menuturkan rencananya untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur tanpa perlu membebani utang. Salah satu triknya adalah dengan menggaet pihak swasta.

“Saya enggak tahu, kalau saya sebagai pengusaha biasanya dalam berbisnis itu ada modal da nada utang. Biasanya nih, saya begitu. Cuma kalau dari Pak Sandi membangun sesuatu tanpa utang, mungkin saya ingin ketemu juga. Saya ingin belajar,” ujar Erick di Golden Boutique Hotel, Jakarta, Minggu (9/12).

Ia kemudian terang-terangan mengatakan ingin mengetahui lebih jauh tentang ide yang dilontarkan Sandiaga tersebut. Pasalnya, dalam dunia usaha biasanya memang sangat lazim berutang untuk membangun infrastrukur.

Baca Juga: Suarakan Dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf, Ulama NU Bekasi Sampaikan 5 Poin Deklarasi Situbondo 12

Oleh karena itu, ia pun menganggap pernyataan Sandiaga tersebut cukup menarik. Erick berniat untuk mengundang Sandiaga. Dengan begitu ia bisa bisa mendiskusikan ide unik dari Sandiaga tersebut bersama para pengusaha.

Erick menyebut akan mengikutsertakan dua tokoh penting dalam dunia usaha. Mereka adalah Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani dan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia.

“Realitanya ini kalau dalam usaha itu, ada modal dan utang, biasanya. Kalau yang tanpa utang sama sekali, sungguh menarik. Nanti kami coba undang diskusi dengan para pengusaha. Coba kita lihat paparannya. Menarik itu. Kami ingin belajar,” imbuh Erick Thohir.

Diberitakan sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 02 menjanjikan akan meneruskan pembangunan infrastruktur bersama Prabowo Subianto jika terpilih di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

“Kita bangun juga segi ekonomi lain dan infrastruktur itu tak perlu membebani utang kepada bangsa kita,” tutur Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan ke Rumah Pemenangan Prabowo-Sandiaga di Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Sabtu (8/12), dikutip dari IDNTimes.com.

[wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]