Ditanya Soal Isu PKI saat Bertemu La Nyalla, Reaksi Jokowi Mengejutkan. Presiden Langsung…


SURATKABAR.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki sejumlah agenda di Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu (28/10/2018).

Ia terlihat menghadiri Rakernas Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma’ruf Amin serta memberangkatkan kirab Hari Santri di Pendopo Sidoarjo yang dihadiri sekitar 1 juta santri dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga bertemu langsung dengan Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti. Keduanya bertemu di sela agenda kunjungan Jokowi di Surabaya, Sabtu (27/10/2018) malam.

Saat bertemu Jokowi, La Nyalla sempat mengungkit sikapnya saat menjadi pihak oposisi serta meminta maaf pada Jokowi. Terutama, karena ia terlibat menyebarkan berbagai isu negatif mengenai Jokowi saat Pilpres 2014 silam.

“Saya minta maaf karena pernah ikut menyebarkan informasi-informasi negatif, termasuk isu-isu Jokowi keturunan dan pendukung PKI saat pilpres yang lalu,” tutur La Nyalla kepada Jokowi, seperti dilansir dari tribunnews.com, Minggu (28/10/2018).

Baca juga: Targetkan 10 Juta Suara, Petani dan Nelayan Lakukan Ini Demi Kemenangan Jokowi-Ma’ruf

Mendengar isu PKI kembali disebut, reaksi Jokowi sungguh tak terduga. Ia yang malam itu didampingi oleh Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, menanggapi permintaan maaf La Nyalla dengan tertawa.

Kemudian, Jokowi mengatakan bahwa tak mungkin ia keturunan atau aktif di PKI. Sebab, selain lahir pada tahun 1961, Jokowi juga menegaskan bahwa ayahnya aktif di Nahdlatul Ulama (NU).

“Sudahlah Bang Nyalla, saya sudah tidak menanggapi lagi fitnah-fitnah seperti itu,” jawab Jokowi, seperti ditirukan La Nyalla.

Pertemuan antara Jokowi dan La Nyalla tersebut berlangsung 30 menit di hotel tempat Jokowi dan rombongannya menginap selama di Surabaya.

Di akhir pertemuan Jokowi sempat mengucapkan terima kasih pada La Nyalla yang telah memberikan dukungan padanya. Ia juga mengaku sempat membaca berita soal tekad La Nyalla untuk memenangkan Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Madura pada Pilpres 2019 mendatang.