Takut Kepergok Selingkuh? Matikan Saja Tombol Ini di WhatsApp, Tak Ada Lagi Gelisah


SURATKABAR.ID – WhatsApp saat ini memang semakin mendunia. Banyak orang menggunakan aplikasi satu ini untuk berkomunikasi. Namun ada waktunya kita ingin menghapus pesan dengan seseorang. Penyebabnya bisa berbagai macam. Bisa karena ingin move on dari sang mantan, hingga takut kepergok bermain api.

Menghapus pesan memang sangat mudah dilakukan, namun ketahuilah bahwa rekam percakapan tersebut rupanya masih dapat dibuka kembali. Pasalnya, semua data percakapan WhatsApp para pengguna Android tersimpan di media penyimpanan Google Drive.

Apabila sebelumnya data tersebut menghabiskan kuota Drive Anda, kini Google telah membebaskannya. Dan akibatnya adalah, semua data Whatsapp dapat disimpan tanpa perlu mencemaskan kuota memori Anda. Aplikasi WhatsApp juga akan secara otomatis menyimpan percakapan melalui fitur auto backup.

Fitur tersebut dapat Anda akses melalui tombol yang tersedia pada menu ‘Setting’. Pengguna bisa menentukan seberapa sering aplikasi WhatsApp mem-backup data. Jika diinginkan, Anda juga bisa menonaktifkan fitur tersebut.

Berikut ini langkah-langkah mematikan fitur backup pada aplikasi WhatsApp Anda, seperti yang dihimpun dari laman Tribunnews.com pada Jumat (19/10/2018):

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Trik Mudah Sembunyikan Pesan WhatsApp, Teman dan Pasangan Tak Bisa Lagi Kepo

1. Pertama buka situs Google Drive, drive.google.com. Selanjutnya, pilih icon GIR (Pengaturan) yang terletak pada bagian pojok kanan atas. Baru kemudian klik ‘Setelan’.

2. Langkah berikutnya adalah klik ‘Kelola Aplikasi’. Ini adalah langkah untuk mengelola aplikasi apa pun yang terhubung dengan Google Drive Anda.

3. Gulirkan mouse ke bawah hingga Anda menemukan aplikasi WhatsApp. Klik pada ‘Opsi’ dan pilih ‘Hapus Data Tersembunyi’.

4. Setelah itu, Anda perlu menunggu beberapa menit. Namun waktu menunggu ini tergantung dengan ukuran file backup. Apabila proses sudah selesai, maka data ‘File Tersembunyi’ akan hilang.

Itulah cara mudah menghapus file backup pada aplikasi WhatsApp yang ada di Google Drive. Namun sebelum Anda memutuskan untuk menghapusnya, ada baiknya dipikirkan terlebih dahulu. Pasalnya jika file backup dihapus, itu akan berlaku secara permanen. Dan Anda tak akan dapat mengembalikannya lagi. Untuk mengembalikannya, Anda juga harus mem-backup file kembali.