Bukan Dicekal, Arab Saudi Larang Habib Rizieq Pulang ke Indonesia untuk Melindunginya


SURATKABAR.ID – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dikabarkan dicekal di Arab Saudi. GNPF Ulama pun bereaksi keras terhadap kabar tersebut.

Mereka sempat mengadu ke DPR. Namun, akhirnya GNPF Ulama malah mengapresiasi pencekalan tersebut setelah mendapat penjelasan dari Dubes Arab Saudi.

Pencekalan Habib Rizieq berawal ketika ia mengurus visa ke Malaysia untuk menyelesaikan disertasinya. Namun, kala itu ia dilarang pergi ke Malaysia tanpa alasan jelas.

“Habib Rizieq ke Malaysia hendak menemui promotor doktoral guna menyelesaikan disertasinya. Perlakuan ini saya kira sebagai bentuk pencekalan dan diskriminasi yang harusnya tidak terjadi,” terang tim advokasi GNPF Ulama, Nasrulloh Nasution, Selasa (25/9/2018), seperti dilansir dari detik.com.

Baca juga: Rizieq Shihab Dicekal Arab Saudi, Fadli Zon: Tidak Boleh Dihalangi

Namun kemudian, Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Osama al-Shuaibii buka suara soal kabar pencekalan tersebut. Menurut Shuaibii, otoritas Arab Saudi melakukan hal tersebut untuk melindungi Habib Rizieq.

“Pemerintah Arab Saudi cukup menjaga keselamatan Habib Rizieq. Jadi kalau ada sesuatu yang membuat ketidaknyamanan atau sesuatu yang kurang baik kepada Habib Rizieq mungkin Arab Saudi lebih menjaga atau melindungi saja,” terang Shuaibii melalui penerjemah resmi kedutaan di Bogor, Rabu (26/9/2018).

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa Habib Rizieq berada di Arab Saudi dengan proses resmi dan tak ada persoalan dengan keberadaannya di Arab Saudi.

“Bahwa Habib Rizieq berada di Saudi Arabia dengan status yang legal dan tidak ada masalah dengan negara tersebut. Sampai saat ini Habib Rizieq ada dalam kondisi sehat. Dan pemerintah Arab Saudi melindungi dan menjaga Habib Rizieq,” lanjut Shuaibii.

Mendengar pernyataan tersebut, GNPF Ulama merasa lega. Mereka pun mengapresiasi langkah Arab Saudi. Namun, GNPF Ulama juga mengkritik pemerintah Indonesia karena dinilai tak memperhatikan keamanan Habib Rizieq.

“Kalau seperti itu, Alhamdulillah. Kami terima kasih Kerajaan Saudi melindungi beliau. Itu artinya info yang kita dengar bahwa ada kekuatan jahat dari pihak Indonesia adalah benar dan Alhamdulillah Kerajaan Saudi melindungi. Sekali lagi ini bukti bahwa ada pihak-pihak yang memang ingin mencelakakan HRS (Habib Rizieq Shihab) dan kita semua tahu siapa pihak yang ingin mencelakakan yaitu pihak yang selama ini telah terbukti menzalimi HRS,” tegas Damai Hari Lubis, Rabu (26/9/2018).