Ramainya Pawai Kampanye Damai Pemilu 2019, Para Pejabat Kenakan Baju Adat


    SURATKABAR.ID – Karnaval kampanye damai pemilu 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018) telah resmi dibuka oleh Ketua KPU RI Arief Budiman. Ditandai dengan pelepasan balon oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, pembukaan dimulainya kampanye damai Pemilu 2019 ini juga ikut dihadiri oleh para pimpinan partai politik. Selain itu, para pasangan capres-cawapres dan sejumlah ketua umum parpol pun tampak hadir di tenda VIP.

    “Dengan ini karnaval deklarasi kampanye damai resmi saya buka,” ujar Arief, mengutip laporan Kompas.com, Minggu (23/09/2018). Tampak di kubu koalisi pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, terlihat Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

    Sementara itu, di partai koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin hadir Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri juga dijadwalkan hadir.

    Mengenakan Baju Adat Berbagai Daerah

    Yang menarik, para pimpinan partai politik ini juga mengenakan baju adat dari berbagai daerah. Berdasarkan susunan acara yang diterima reporter, deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 ini dimulai dengan karnaval pada pukul 06.00 WIB – 07.35 WIB.

    Baca juga: Presiden Jokowi: Beda Pilihan Enggak Apa-apa, Asal Rukun, Bersatu, dan Bersaudara

    Setelahnya, penyelenggara dan peserta pemilu akan berkumpul di Lapangan Silang Monas untuk masuk ke acara utama mulai pukul 08.00 WIB.

    Pada acara utama ini, Ketua KPU Arief Budiman akan menyampaikan orasi. Barulah kemudian, disusul dengan pembacaan ikrar dan penandatanganan deklarasi kampanye damai. Acara ini melibatkan calon anggota DPD, Ketum Parpol, hingga pasangan capres dan cawapres.

    Sedangkan sebagai penutup para peserta pemilu secara simbolis akan melepaskan burung merpati. Setelahnya, dilanjutkan dengan foto sambil bergandengan tangan. Acara dijadwalkan akan selesai pada pukul 10.00 WIB.

    Berdasarkan pantauan tim pers, kedua pasangan capres dan cawapres, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, menaiki mobil golf untuk melakukan karnaval dan arak-arakan di kawasan Monas.

    Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga mengenakan pakaian adat. Rombongan pasangan calon (paslon) kemudian juga diikuti oleh para partai politik peserta pemilu yang juga menampilkan budaya dan pakaian adat.

    Jokowi mengemudikan mobil golf sebelum menuju titik awal karnaval kampanye damai. Cawapres Ma’ruf Amin, Ketua TKN Erick Thohir, dan Direktur Kampanye TKN Aria Bima menjadi penumpang mobil tersebut.

    Belasan paspampres juga tampak mengawal pasangan tersebut. Paspampres berada di setiap sisi mobil golf yang dikemudikan Jokowi. Kemudian, karnaval dilanjutkan dengan berjalan kaki.

    [wpforms id=”105264″ title=”true’ description=”true”]