Hasil Sementara Polling Pilpres 2019 Mata Najwa, Tak Disangka Prabowo Sukses ‘Pecundangi’ Jokowi


SURATKABAR.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan pasangan calon presiden-calon wakil presiden dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dan terkait hal tersebut, sejumlah akun media sosial ikut meramaikan jagat maya dengan membuka polling pilpres. Akun Twitter program TV Mata Najwa salah satunya.

Polling di laman Twitter @MataNajwa, seperti diwartakan oleh Twibunnews.com, Kamis (20/9/2018), masih akan terus dibuka hingga satu hari ke depan. Dan sampai Jumat pagi, sekitar pukul 9.40 WIB, lebih dari 47 ribu pengguna Twitter telah mengikuti polling Pilpres 2019.

 

Hasilnya cukup mengejutkan. Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melesat menaklukkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Dari kubu petahana, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya memperoleh 42 persen, sementara Prabowo-Sandiaga lebih unggul 16 persen.

Seandainya nih, seandainya pilpres diadakan hari ini, paslon mana yang bakal kamu pilih? Tapi itu seandainyaaa… nyatanya sih hari ini, Kamis (20/9) KPU baru resmi menetapkan pasangan capres-cawapres untuk pilpres 2019,” tulis akun Mata Najwa.

Baca Juga: Blak-Blakan! Dukung Kubu Petahana, Khofifah Ogah Masuk Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Karena Alasan Ini

Penetapan pasangan capres-cawapres, seperti dilansir Tribunnews.com dari laman Kompas.com, dilakukan usai KPU melakukan verifikasi dokuman serta melihat hasil tes kesehatan dari masing-masing pasangan calon tersebut.

“Dua pasangan calon yang telah mendaftar ke KPU Joko Widodo-Ma’ruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinyatakan memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2019,” ungkap Ketua KPU Arief Budiman dalam jumpa pers yang digelar di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (20/9) kemarin.

Adapun penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU No 1131/PL.02.2-KPT/06/IX/2018 mengenai penetapan calon presiden dan calon wakil presiden pemilihan umum Tahun 2019.

Kubu petahana pasangan Jokowi-Ma’ruf diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hanura.

Sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga diusung oleh Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Usai diresmikannya pasangan calon Pilpres 2019 oleh KPU, kedua kandidat sudah dapat memulai kampanye mereka terhitung Minggu (23/9) mendatang.