6 Kepala Daerah Sumbar Dukung Jokowi 2 Periode. Ini Alasan Utamanya


    SURATKABAR.ID – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Arya Sinulingga mengklaim ada enam kepala daerah tingkat kabupaten/kota di Sumatera Barat menyatakan dukungan bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019.

    Para kepala daerah yang diklaim mendukung Jokowi-Ma’ruf adalah Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan; Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin; Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni; Bupati Pasaman, Yusuf Lubis; Wali Kota Solok, Zul Efian, dan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi.

    “Kami menyambut baik dukungan para kepala daerah di Sumbar kepada Pak Jokowi,” kata Arya dalam keterangan tertulis pada Rabu (19/9/18) dilansir dari cnnindonesia.com.
    Arya mengklaim para kepala daerah tersebut turut merasakan dampak dari program pembangunan infrastruktur yang digiatkan oleh Jokowi di daerahnya masing-masing.

    Arya juga mengatakan di antara para kepala daerah itu ada kader PAN. Dia adalah Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. Arya menuturkan sesungguhnya ada 12 orang yang memberikan dukungan, tapi hanya tujuh yang telah menandatangani secara resmi.

    Baca Juga: Serentak, 4 Daerah Terluar Indonesia Deklarasikan Dukungan Jokowi 2 Periode 

    “Seperti misalnya Kabupaten Pesisir Selatan ini dari PAN yang mendukung Pak Jokowi, ini seperti kejadian Gubernur Maluku Utara dari PKS ini,” kata Arya dilansir dari liputan6.com.

    Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno tak memberikan dukungan secara resmi. Kendati begitu, Arya meyakini Irwan juga setuju dengan para kepala daerah di Sumbar soal kerja Jokowi. Sebab, kalau ditanya soal kebijakan pembangunan, Irwan, memberikan respons positif.

    “Jadi memang dia enggak mengatakan (dukungan) langsung, tapi dari ucapan dia dari Pak Irwan bagaimana kebijakan Pak Jokowi pembangunan Sumatera Barat, dia katakan sangat positif,” ujar Arya.

    Oleh karena itu, ia mengatakan motif utama mereka mendukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 agar pembangunan infrastruktur di Sumbar terus berlanjut.

    “Bandara Minangkabau, kereta bandara, pembangunan trans-Mentawai merupakan beberapa contoh pembangunan infrastruktur yang dilakulan Jokowi dan sudah dinikmati masyarakat Sumbar,” ujar Arya.

    “Mereka menginginkan Jokowi menjadi presiden dua periode supaya pembangunan berlanjut,” tambahnya.

    Selain itu, Arya juga mengatakan bahwa pemerintah pusat di bawah kendali Jokowi pernah mengambilalih sejumlah infrastruktur di Sumbar yang semestinya dibiayai APBD.

    Hal itu bertujuan agar proses pembangunan di Sumbar dapat berjalan cepat dan bisa dinikmati masyarakatnya.

    “Sebagai contoh ketika pasar Bukit Tinggi terbakar, pemerintah pusat membiayai pembangunanya,” kata dia.

    Sebelumnya, sejumlah kepala daerah telah menyatakan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

    Mereka diantaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

    Selain itu, terdapat mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Zainul Majdi yang sudah sejak lama mendukung Jokowi-Ma’ruf.