Naas! Ikuti Tips Kesehatan yang Sedang Viral, Pria Ini Malah Tewas


SURATKABAR.ID – Jangan langsung percaya jika Anda menerima berbagai broadcast yang kini banyak tersebar melalui media sosial dan aplikasi pesan singkat. Seperti yang dialami pria ini, ia harus tewas karena mengikuti tips kesehatan yang sedang viral. Setelah mengikuti tips kesehatan yang sedang viral di internet itu, pria asal Harbin, China, malah tewas karena serangan jantung.

Seperti yang dilaporkan Oddity Central pada Selasa (31/07/2018), awalnya Zhou Xin melihat “broadcast” bahwa kotanya akan mengalami “tiga hari terpanas di 2018 ini”.

Dalam berita viral yang dilihatnya, serangan panas itu berdampak kepada pengobatan jantung tidak hanya sia-sia, namun juga berbahaya buat kesehatan, demikian dikutip dari laman Kompas.com, Rabu (01/08/2018).

Sayangnya, ia langsung percaya pada muatan broadcast tersebut. Usai melihat unggahan itu, Zhou yang menderita penyakit kronis tersebut langsung memutuskan untuk tidak mengonsumsi obatnya pada 17 Juli.

Pria berusia 58 tahun itu dilaporkan tidak berkonsultasi dengan dokternya tatkala berhenti mengonsumsi obat hariannya. Tiga hari berlalu, segalanya tampak baik-baik saja hingga dia sedang makan malam bersama teman Kamis pekan lalu (26/07/2018).

Baca juga: Geger Tolak 3 Putusan BPJS, Netizen: Terus Untuk Apa Masyarakat Ikut BPJS Kesehatan?

Ternyata Hoax

Zhou mengeluh sakit di dadanya dan kemudian kolaps ke lantai. Dia segera dilarikan ke rumah sakit. Namun malang, dokter menyatakan dia tewas karena serangan jantung.

Xu Shanshan, Wakil Direktur Departemen Gawat Darurat Rumah Sakit Pertama Harbin berujar, Zhou jadi korban berita viral “tiga hari terpanas” yang ternyata hoaks.

Rupanya kasus Zhou ini juga bukan pertama. Xu menjelaskan pada pekan lalu, dia juga menerima tiga pasien penyakit jantung yang mengikuti rumor itu.

“Ketiga pasien itu meninggal akibat infark miokardial akut ketika saya sedang bertugas malam,” ujar Xu sebagaimana dikutip Sinchew News. Dia menegaskan orang yang mempunyai penyakit jantung harus rajin mengonsumsi obatnya saat panas karena risiko terserang jauh lebih besar.

Dengan demikian, sekaligus imbauan juga bagi  pembaca agar jangan dengan mudahnya terkecoh oleh broadcast yang tak jelas sumbernya.

Tips Jantung Sehat

Sebagai tambahan informasi, berikut adalah tips 9 kebiasaan yang wajib diterapkan untuk menjaga kesehatan jantung Anda:

  1. Perhatikan gejala yang mungkin timbul,
  2. Rutin olahraga,
  3. Rutin cek tekanan darah,
  4. Batasi asupan kolesterol,
  5. Perbanyak minum air putih,
  6. Perbanyak makan buah dan sayur,
  7. Belajar mengelola stress,
  8. Berhenti merokok,
  9. Konsumsi obat secara teratur (bagi yang sudah punya penyakit jantung).