Prabowo Akui Pertimbangkan Ustaz Abdul Somad sebagai Cawapres, Habib Rizieq Merestui


SURATKABAR.ID – Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra menghargai usulan forum Ijtima Ulama terkait dua calon wakil presiden yang direkomendasikan kepadanya. Dua calon tersebut adalah Ustaz Abdul Somad dan Salim Segaf Aljufri, Ketua Majelis Syuro PKS. Mengenai Ustaz Abdul Somad, Prabowo kemudian mengungkapkan penilaiannya.

“Menilai Ustaz Abdul Somad, juga masih cukup muda usianya, saya kira masih kepala empat (berusia empat puluhan), kalau tidak salah. Kemudian kita terbuka, kita akan membahas semua. Inilah namanya politik,” papar Prabowo di rumahnya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Minggu malam (29/07/2018). Demikian sebagaimana dikutip dari laporan Viva.co.id, Senin (30/07/2018).

Diungkapkan Prabowo, kini dinamika politik berjalan cepat. Karenanya, rekomendasi Ijtima Ulama harus dipelajari dan dimusyawarahkan dengan baik. Intinya, masih terbuka segala kemungkinan untuk dimusyawarahkan.

Bersama para tokoh nasional, Ijtima Ulama merekomendasikan dua nama cawapres untuk Prabowo, yakni Ustaz Abdul Somad dan Salim Segaf Aljufri. Partai Koalisi Keumatan bersepakat mendukung satu di antara tokoh terkait untuk didaftarkan kepada KPU sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Habib Rizieq Merestui

Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Yusuf Martak menyatakan, rekomendasi ijtima ulama merekomendasikan Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Sementara itu, untuk calon wakil presiden, GNPF Ulama merekomendasikan nama Ketua Dewan Syuro PKS, Salim Segaf Al-Jufri dan Ustaz Abdul Somad.

Baca juga: Disebut Bangkrut oleh Prabowo, Begini Kondisi Keuangan Terkini Garuda, PLN dan PGN

Nama-nama cawapres itu sudah direstui Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab—kendati sebelumnya nama Habib Rizieq juga sempat muncul sebagai calon presiden.

 

“Ini semua yang kami rekomendasikan dua pasang calon ini adalah aspirasi peserta yang dapat restu dari Rizieq Shihab,” ujar Yusuf usai Ijtimak Ulama di kawasan Slipi, Jakarta, Minggu (29/07/2018).

Sebagai ulama yang punya banyak pengikut, Rizieq tidak ngotot untuk terus maju sebagai calon presiden, meskipun namanya selalu muncul.

“Justru Rizieq buka pintu dan ruang untuk calon yang lain. Nah, itu bedanya ulama, Habib Rizieq itu pendukungnya sangat banyak sekali, tapi rekomendasinya pasangan Prabowo-Salim Segaf dan Prabowo-Ustaz Somad, kalau orang biasa cukup enggak cukup dipaksain, itulah bedanya,” tandas Yusuf.

Ia menambahkan, hasil ijtima ulama ini akan langsung disampaikan pada Prabowo, dan lima partai yang selama ini mendukung ijtima ulama.

“Insya Allah terutama Partai Gerindra yaitu Pak Prabowo Subianto akan mendengar dan akan menerima usulan yang disampaikan oleh para ulama dan tokoh nasional melalui ijtima ini,” imbuhnya.

Bahkan ia menyebutkan, saat pidato sambutan pembukaan ijtima ulama kemarin, Prabowo menyatakan akan menerima masukan dari para ulama.

“Sesuai dengan sambutan beliau, sudah disampaikan, beliau sudah menyatakan dan mengakui bahwa Habib Rizieq adalah imam besar beliau. Dan beliau juga sudah menyatakan apabila ada orang yang lebih baik dari saya, saya mempersilakan. Nah, dia sekarang didampingi orang baik, jadi semestinya saran ini insya Allah akan diterima,” pungkasnya.