Berbagai Mitos Gerhana Bulan di Seluruh Dunia. Ibu Hamil Dilarang …


SURATKABAR.ID Gerhana bulan total akan terjadi pada Sabtu dini hari, (28/7/2018). Di Indonesia, gerhana total terlama ini akan mulai bisa diamati sejak 00.15 WIB.

Gerhana bulan total terlama dini hari nanti termasuk peristiwa spesial karena menjadi gerhana terlama dengan waktu 103 menit. Fenomena itu secara utuh dan sebagian bisa disaksikan dari seluruh penjuru Indonesia.

Dilansir Tempo.co, saat terjadi gerhana bulan 2018, bumi berada segaris lurus di antara bulan dan matahari.

Bagi sebagian orang, gerhana bulan diyakini membawa pertanda. Berikut ini berbagai mitos tentang gerhana bulan merah dari berbagai negara.

  1. Cina

Orang Cina percaya gehana bulan terjadi karena bulan sedang dimakan seekor naga. Mitos ini sudah ada sejak zaman lalu. Sekadar informasi, huruf hanzi untuk “gerhana” adalah “shi” (). Karena kepercayaan ini, orang-orang Cina zaman dahulu menembakkan meriam ke arah langit untuk mengusir naga.

Baca Juga: Jangan Sampai Kelewatan! Akan Ada Gerhana Bulan Blood Moon Terlama Abad Ini, Kapan?

  1. Afrika Selatan

Orang Afrika Selatan yang percaya saat gerhana bulan terjadi, maka matahari dan bulan sedang bertempur. Mereka lantas berdoa supaya benda angkasa itu dapat menyelesaikan masalah di antara mereka.

  1. Eskimo

Orang Eskimo juga memiliki mitos tentang gerhana bulan. Mereka percaya bulan sedang sakit dan siapa saja yang terkena cahaya bulan akan terkena penyakit yang sama. Untuk mengindarinya, orang Eskimo akan melindungi tubuh mereka dari paparan cahaya gerhana bulan.

  1. Amerika Serikat

Menurut Old Farmer’s Almacan, sebuah buku tentang cuaca para petani Amerika Serikat, gerhana bulan menandakan akan adanya perubahan di bumi. Perubahannya dalam segala hal, bisa apapun. Ini karena suku pribumi Amerika percaya bulan adalah pengatur bumi.

Tak hanya itu, masih ada yang percaya kalau ibu hamil dilarang keluar rumah selama gerhana bulan.

Selain dilarang keluar rumah, ibu hamil juga tak boleh memakai pisau dan benda tajam lainnya selama gerhana karena dipercaya membuat tanda lahir.