Mantap! Buktikan Nikah Tak Harus Bikin Kantong Kering, Pasangan Ini Nekat Hanya Anggarkan Kurang dari Rp 5 Juta


SURATKABAR.ID – Pernikahan adalah impian yang diidamkan kebanyakan orang. Dan khusus bagi kaum wanita, mereka mendamba satu pesta pernikahan sesuai dengan keinginan mereka. Bahkan jika itu harus menghabiskan dana hingga miliaran.

Lantaran terpatok pada harapan tinggi untuk menggelar pesta pernikahan bak tokoh dalam dongeng, seringkali dana menikah yang tidak sedikit itu menjadi penghalang utama digelarnya pernikahan. Padahal jika mau, menikah tidak sampai bikin kantong kering karena ngotot berhutang kesana kemari.

Seperti yang dilansir Grid.ID dari Kompas.com, pada Jumat (13/7/2018), ada pasangan yang berhasil menggelar acara pernikahan dengan tak sampai menghabiskan dana lebih dari Rp 20 juta. Pembuktian tersebut terkuak dalam kisah pernikahan Julia Jasmine dan Aldi Ramadhika.

Budget pernikahan kedianya yang hanya Rp 50 juta langsung menyedot perhatian para pengguna media sosial. Berbagai komentar pun bermunculan. Ada yang mengungkapkan dana sebesar Rp 50 juta terlalu mahal, namun tidak sedikit pula netizen yang menilai pernikahan dengan Rp 50 juta itu cukup murah.

Dari ribuan komentar yang memenuhi postingan Instagram Kompas.com, @kompascom, ada satu komentar yang cukup menarik. Ia mengaku hanya menghabiskan dana kurang lebih Rp 5 juta untuk menikah.

Baca Juga: Pernah Tunda Menikah Demi Jemput Kesuksesan, Pria 27 Tahun Ini Ungkap Buah Pahit yang Dirasakannya

Insyallah pernikahan saya hanya modal -+5jt sudah cukup, apalagi 50jt,” demikian pengakuan akun Instagram bernama Siti Aminah terkait budget yang dibutuhkannya untuk menggelar acara pernikahan, seperti yang dikutip dari laman Grid.ID.

Usai berkomentar, pemilik akun @siti_amiinah97 akhirnya buka suara. Siti Aminah dan Muhammad Imam yang menikah pada 6 Mei 2017 silam ini bisa menggelar pesta pernikahan dengan mengandalkan dana sebesar Rp 5 juta saja.

Menggelar pesta dengan dana kurang dari Rp 5 juta, pernikahan mereka dihadiri sekitar 50 orang keluarga dekat dan tetangga sekitar rumah. Acara pasangan ini digelar di musala dekat rumah, di Desa Tanalim, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Adapun rincian biaya pernikahan mereka adalah;

1. Biaya penghulu Rp 1.200.000

2. Baju pengantin, rias, dan dokumentasi foto Rp 1.000.000

3. Konsumsi pernikahan (mereka masak sendiri) dengan anggaran kurang lebih Rp 900.000

4. Mahar pernikahan Rp 250.000

5. Seserahan, berupa baju gamis Rp 200.000

6. Perhiasan Rp 1.750.000

Setelah akad nikah rampung, pasangan ini membagikan makanan kepada para tetangga sebagai bentuk pemberitahuan bahwa mereka sudah menikah. “Setelah selesai akad nikah, baru kami bagi-bagi nasi ke tetangga, menyampaikan bahwa kami sudah menikah,” ungkap Siti.