Tragis! Antarkan Oksigen ke Gua untuk Anggota Tim Sepak Bola yang Terjebak, Penyelam Ini Malah Bernasib Sial


SURATKABAR.ID – Tim penyelamat sering kali harus berhadapan dengan situasi berbahaya demi bisa mengevakuasi korban. Dan tingkat keberhasilan maupun kegagalan dalam proses penyelamatan, tentunya berada di tangan para anggota tim tersebut.

Dan bukti nyata perjuangan tim penyelamat terlihat dari satu peristiwa terbaru yang sukses menggegerkan masyarakat, seperti dilansir laman Grid.ID dari Insider, pada Jumat (6/7/2018). Ketika itu anggota tim sepak bola Thailand dikabarkan terjebak dalam sebuah gua.

Setelah terperangkap selama hampir 2 pekan, mereka akhirnya berhasil ditemukan. Kabar bahagianya adalah, ketika ditemukan keadaan korban dipastikan selamat. Semua ini tak terlepas dari ketekunan dan kerja sama tim penyelamat.

Ada satu kisah menyayat hati dari perjuangan tim penyelamat ketika menghadapi peristiwa mendebarkan tersebut, di mana salah seorang anggotanya harus meregang nyawa usai mengantarkan oksigen ke dalam gua untuk menyelamatkan tim sepak bola yang terjebak.

Mantan Angkatan Laut Thai Navy Seal rela menyetorkan nyawa usai berupaya menyelamatkan para anggota tim sepak bola beserta pelatihnya. Usut punya usut, penyebab kematian sang penyelam senior tersebut adalah kekurangan oksigen. Sempat mendapat pertolongan pertama, ia meninggal dunia.

Baca Juga: Misteri Kematian 11 Anggota Keluarga Gantung Diri Mulai Tersingkap, Polisi Temukan Bukti Aneh

Penyelam yang diketahui bernama Saman Kunan (38) tersebut sebelumnya mengantarkan oksiden untuk ke-12 pemain dan pelatih tim sepak bola Thailand yang terperangkap di dalam gua. Namun malang, sekembalinya ke daratan, ia justru kehilangan kesadaran.

Kadar oksigen di Gua Chiang Rai diketahui menurun. Dan karena jalur menuju gua yang sangat berbahaya dan berkelok-kelok, setiap penyelam harus membawa setidaknya tiga tangki oksigen ke dalam gua. Untuk mencapai gua,bahkan  penyelam terampil sekalipun tetap butuh waktu lima jam.

Ada lebih dari 100 penyelam dari Thai Navy Seal, bekerja sama dengan penyelam dari Australia, Amerika Serikat, Inggris, dan beberapa negara lainnya. Mereka berupaya menjalankan misi penyelamatan anggota tim sepak bola dari dalam gua.

Jasad Kunan dikirimkan ke Bangkok. Untuk menghormati jasanya, Raja Thailand mengumumkan akan menanggung biaya pemakaman penyelam yang telah dengan sepenuh hati berjuang menyelamatkan anggota tim sepak bola Thailand dari dalam gua , bahkan sampai mempertaruhkan nyawa.

Angkatan Laut Thai Seal merilis pernyataan berisi pesan menyentuh terkait kematian rekan mereka melalui akun Facebook, pada Jumat (6/7) lalu. “Kami adalah prajurit. Kami tidak akan membiarkan rekan kerja kami mati sia-sia.”