Terlanjur Makan Mie Mengandung Babi, Apa ya Hukumnya?



SURATKABAR.ID – Empat jenis mie instan asal Korea dinyatakan positif mengandung babi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Padahal, jauh sebelum ditarik dari pasaran karena kandungan babi didalamnya, keempat mie instan tersebut dijual bebas di pasaran, mulai dari online shop hingga supermarket menjualnya tanpa peringatan.

Tak sedikit umat Islam yang pernah membeli dan memakannya karena penasaran dengan rasanya. Namun, setelah mengetahui bahwa mie tersebut ternyata mengandung babi, bagaimana ya hukumnya dalam Islam?

Kekhawatiran tersebut dijawab oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin.

“Ya, kalau tidak tahu mudah-mudahan diampuni oleh Allah, tapi kalau sudah tahu, berhenti,” tegas KH Ma’ruf, Senin (19/6/2017), dilansir republika.co.id.

Baca juga: Hormati Muslim Rayakan Lebaran, Katedral Ubah Jadwal Misa

KH Ma’ruf melanjutkan, seorang Muslim yang telah terlanjur mengonsumsi produk mengandung babi, tapi tak tahu bahwa produk tersebut mengandung babi maka hukumnya makruh.

Sementara itu, jika seorang Muslim telah mengetahui bahwa produk tersebut tidak halal, tapi tetap mengonsumsinya, maka hukumnya adalah haram.


“Sebenarnya enggak boleh dia, makanya masyarakat jangan mengonsumsi sesuatu yang tidak ada logo halalnya,” lanjut KH Ma’ruf.

Oleh karena itu, KH Ma’ruf mengimbau agar masyarakat Muslim lebih jeli dan selektif dalam memilih produk makanan. Salah satunya adalah dengan memastikan komposisi dan keterangan halal dari produk tersebut. Sebaiknya, hindari produk yang tak jelas kehalalannya.

“Okelah ini kan sudah kelewat, mudah-mudahan diampuni oleh Allah. Tapi sudah itu berhenti dan sesudah berhenti jangan lagi mengonsumsi produk yang tidak bersertifikat halal,” tegasnya.

Saat ini di Indonesia memang masih belum jelas mana saja produk yang boleh dan tak boleh masuk ke pasaran, termasuk produk makanan. Selain itu, importir juga tak dapat disalahkan karena tak memberikan logo halal.

Loading...

BAGIKAN

Berita sebelumyaHormati Muslim Rayakan Lebaran, Katedral Ubah Jadwal Misa
Berita berikutnyaBersama Lagi Setelah 3 Tahun Bercerai, Farhat Abbas dan Nia Daniati Rujuk?

Komentar

komentar