Berdiri Ribuan Tahun Masjid-masjid Tertua di Dunia ini Masih Tetap Kokoh, Ada yang Dibangun Nabi Muhammad SAW


SURATKABAR.ID  Masjid adalah tempat ibadah umat muslim. Selain itu, masjid juga merupakan pusat kominitas kehidupan muslim, kegiatan hari besar Islam, kajian agama Islam, ceramah, dan belajar Al Qur’an pun sering kali dilakukan di masjid.

Nah, dari jutaan masjid yang ada di dunia, berikut adalah 5 Masjid Tertua di Dunia.

  • Masjidil Haram

Masjid Al Haram (Kabah), tidak dapat disangkal merupakan masjid pertama dan tertua di dunia. Ini menjadi tempat dimana Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail biasa berdoa. Ini juga merupakan tempat paling suci dalam Islam. Umat muslim di seluruh dunia menyembah ke arah kiblat Kabah 5 kali sehari.

  • Masjid Nabawi

Masjid Nabawi merupakan masjid tertua di dunia kedua yang terketak di Madinah, Arab Saudi. Masjid ini dibangun oleh Rasulullah SAW, hamper 1400 tahun masjid ini mengalami banyak perubahan bentuk.

Baca Juga: Mempesona! 4 Masjid Ini Tunjukkan Akulturasi Budaya di Indonesia

Selain itu masjid ini juga menjadi makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabat-sahabatnya.

  • Masjid Al Aqsa

Masjid Al Aqsa di Yerusalem dibangun pada tahun 705 M. Ini merupakan situs yang sangat penting dan suci dalam Islam. Menurut sebuah hadis Al Bukhari, ini adalah situs tersuci ketiga dan melaksanakan sholat di sini bernilai 1000 sholat.

Disebut-sebut sebagai masjid tertua di dunia ketiga, Masjid Al Aqsa juga pernah menjadi kiblat umat muslim sebelum akhirnya beralih ke Kabah.

  • Masjid Quba

Masjid Quba adalah salah satu masjid tertua di dunia. Batu pertama untuk pembangunan masjid tersebut diletakkan oleh Nabi Muhammad SAW sendiri di tahun 622 setelah berimigrasi ke Madinah dari Mekkah.

Telah disebutkan dalam hadis sahih oleh Bukhari dimana Nabi SAW terbiasa datang ke masjid ini pada hari Sabtu dan mengerjakan 2 rakaat sholat.