Dari China Hingga Belanda, Inilah Jejak Negara Asing dalam Kuliner Nusantara


SURATKABAR.ID – Di mata dunia internasional, kuliner khas Indonesia telah diakui sebagai panganan bercita rasa tinggi. Berbagai makanan Indonesia banyak menduduki posisi teratas sebagai makanan terenak yang ada. Tapi bagaimana dunia kuliner Indonesia berkembang begitu pesat? Ternyata kuliner nusantara banyak mendapat pengaruh dari berbagai negara asing.

Seperti dikutip dari Dreamers.id, Selasa (29/05/2018), hal ini terlihat dari teknik memasak, jenis makanan, dan cara menyantap makanan serta  bahan makanan asli IndonesiaSeni kuliner Indonesia mendapat banyak pengaruh dari negara-negara Timur Tengah, India, Cina, Spanyol dan juga tentunya Eropa seperti Belanda.

Masakan Sumatera banyak dipengaruhi oleh negara Timur Tengah dan India, seperti penggunaan bumbu kari pada hidangan daging dan sayurannya. Masakan Sumatera selalu lekat akan bumbu santan yang pekat serta pedas. Cara menyantap makanan Sumatera pun sama dengan cara masyarakat timur tengah dan India, yakni dengan mencampur nasi dan kuah kari kemudian menyantap langsung dengan tangan.

Unsur budaya masakan China juga dapat ditemukan pada beberapa masakan Indonesia. Masakan seperti bakmi, bakso, dan lumpia telah terserap dalam seni masakan Indonesia. Bakmi adalah masakan asli yang berasal dari negeri tirai bambu ini. Selain itu, makan dengan menggunakan sumpit adalah salah satu teknik makan yang diadaptasi dari negeri china.

Sementara itu kuliner Indonesia Timur dipengaruhi oleh  negara Spanyol. Hal tersebut terlihat dari makanan pokok yang dikonsumsi di daerah Indonesia bagian timur. Makanan pokok di Indonesia bagian timur, yakni sagu, kentang, ubi ataupun jagung. Tanaman pertama kali dibawa ke pulau-pulau di daerah Indonesia Timur oleh pedagang Spanyol abad ke-16.

Baca juga: Terkenal dengan Kuliner Pedasnya, Ternyata Masyarakat Indonesia Paling Suka dengan Jenis Sambal Ini

9 Makanan Indonesia yang Terpengaruh Budaya Belanda

Sempat dijajah selama 350 tahun oleh Belanda tentu berpengaruh terhadap beberapa hal di Indonesia termasuk kuliner. Berikut beberapa makanan Indonesia yang dipengaruhi budaya Belanda, seperti dilansir dari laman PegiPegi.com. Makanan apa aja yang dimaksud?

  1. Perkedel

Perkedel yang selama ini dikenal sebagai menu murah meriah di rumah makan Padang atau warteg, ternyata terpengaruh oleh budaya Belanda, yakni makanan bernama frikadeller, gorengan berbahan kentang dan daging dari Belanda. Frikadeller juga diadaptasi oleh Belanda dari gorengan daging cincang khas Denmark.

  1. Lapis Legit

Jika lapis legit terpengaruh dari kue Belanda bernama spekkoek. Lapis legit rasanya manis seperti kue kebanyakan, tapi kalau spekkoek di Belanda diperkaya dengan aroma rempah, seperti kayu manis, kapulaga, adas, dan cengkeh. Bentuknya juga hampir mirip, ya!

  1. Semur

Semur adalah makanan berkuah dan berbumbu kecap yang berisi potongan daging sapi. Semur merupakan makanan adaptasi dari masakan Belanda bernama smoor. Di Belanda, smoor dimasak dengan potongan tomat dan bawang bombay.

  1. Kue cubit

Kue cubit yang asli Indonesia terbuat dari bahan yang sama dengan poffertjes, yaitu tepung terigu, susu, telur, dan mentega. Bentuknya juga hampir mirip, tapi kue cubit menggunakan topping yang beraneka ragam, seperti cokelat, keju, selai, kismis, dan lain-lain. Sedangkan poffertjes disajikan dengan taburan gula putih bubuk.

  1. Klappertaart

Klappertaart adalah dessert dari Manado yang terbuat dari terigu, susu, gula, santan, mentega, dan daging buah kelapa. Rupanya, klappertaart sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

  1. Kaastengels

Kaastengels yang biasa kita cicipi di hari Lebaran atau Natal, ternyata merupakan kue kering yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Kaastengels merupakan snack keju yang terkenal di Belanda.

  1. Sup Brenebon

Sup brenebon adalah sup kacang merah yang populer di daerah timur Indonesia. Ternyata, sup brenebon diadaptasi dari bruine bonensoep dari Belanda. Bedanya, sup brenebon lebih bening, sedangkan bruine bonensoep kuahnya kental karena dicampur krim.

  1. Kroket

Kroket adalah olahan daging berbalut tepung panir dan berbentuk bulat. Di Belanda, juga ada sejenis kroket namanya sate kroket yang berbentuk lonjong terbuat dari ragout dan dilapisi tepung panir.

  1. Selat Solo

Selat Solo merupakan makanan kaum ningrat Keraton Solo. Selat Solo tentunya merupakan adaptasi dari aneka steak di Belanda. Bedanya, kalau Selat Solo dimodifikasi dengan keripik kentang dan saus encer, manis, juga kaya akan rempah. Sedangkan steak Belanda berbasis kaldu dan lebih kental.