Soal Karikatur Sindir Jokowi, PDIP Desak Pemerintah Kirimkan Nota Protes ke Jepang


Foto: Detik

SURATKABAR.ID – Sindiran dari komikus Jepang, Onan Hiroshi, mengenai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung mendapat tanggapan tegas dari PDIP. Pasalnya, dalam ilustrasinya ada karakter yang mirip dengan Presiden Joko Widodo. PDIP pun mendesak pemerintah untuk menyampaikan nota protes kepada pemerintah Jepang.

“Sesuatu yang tidak menyenangkan. Artinya Presiden kita ditampilkan dalam komik yang sebenarnya tidak terlalu wajar juga dalam etika ketimuran. Karena itu saya kira pemerintah perlu menyampaikan nota protes kepada pemerintah Jepang supaya menyampaikan itu kepada pers di sana,” kata Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira di Hotel Grand Inna Bali Beach, Denpasar, Bali, Minggu (25/2/2018), seperti dilansir dari Detik.com.

Diakuinya bahwa tidak ada pengaruh yang ditimbulkan masalah ini terhadap hubungan antara Indonesia dengan Jepang. Tetapi, tetap Andreas akan mendesak Kementerian Luar Negeri supaya mengirimkan nota protes kepada pemerintah Jepang.

“Saya kira antar negara tidak punya masalah. Ini kan persoalan media yang ada di sana. Sehingga nota protes harus disampaikan ke pemerintah Jepang,” ujarnya.

“Saya kira perlu kita sampaikan baik dari DPR supaya Kementerian Luar Negeri menyampaikan nota protes ke pemerintah Jepang,” lanjut Andreas.

Hiroshi sebelumnya menyindir soal pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung oleh Presiden Joko Widodo. Sindiran terhadap proyek yang dilaksanakan Januari 2016 lalu, dilakukan Hiroshi melalui ilustrasi gambar yang dibuatnya dalam sebuah komik digital.

Diceritakan oleh Hiroshi seperti apa awalnya rencana kereta cepat itu, untuk pembangunannya akan dilakukan oleh Jepang. Untuk itu, studi pun dilakukan oleh pihak Jepang, terkait dengan rencana pembangunan mega proyek itu.

Kemudian hasil studi yang dilakukan Jepang itu pun diserahkan kepada Indonesia. Meski demikian, justru data hasil studi itu diberikan kepada China, yang lantas diserahi wewenang untuk membangun proyek kereta cepat tersebut. Kereta cepat itu direncanakan akan menghubungkan Jakarta-Bandung.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaTak Disangka, Kediaman Habib Rizieq di Mekah Luasnya Fantastis
Berita berikutnyaReaksi Menohok Mulan Jameela Saat Dituduh Meniru Maia Estianty