Fadli Zon Usulkan Jokowi Naik Esemka, Sindiran Luhut Menohok


    SURATKABAR.ID – Mogoknya mobil yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menarik perhatian masyarakat luas. Termasuk Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

    Ia menyarankan agar Jokowi mengganti Mercedes-Benz S 600 yang digunakannya dengan mobil Esemka. Mobil Esemka sendiri merupakan mobil yang cukup populer ketika Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo.

    Nah, usulan dari Fadli Zon ini ternyata mendapatkan sindiran tajam nan menohok dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

    Pada kegiatan bincang santai bersama wartawan di Gedung Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi dalam acara bertajuk Coffe Morning, Luhut menanggapi pertanyaan wartawan tentang usulan Fadli Zon itu.

    Baca juga: Netizen Heboh Foto Jokowi Naik Ojek

    Dalam kesempatan itu, para awak media banyak bertanya tentang isu-isu terkini yang ditangani pemerintah. Nah, salah satu pertanyaan yang muncul adalah tentang usulan Fadli Zon.

    “Kalau Mobil Esemka, kamu aja yang naik. Jangan suruh Presiden-nya naik. Ntar remnya blong lagi,” sindir Luhut, dilansir tempo.co.

    Mendengar jawaban Luhut yang menohok ini, peserta yang hadir langsung tertawa.

    Luhut melanjutkan, pemerintah tak akan sembarangan dalam memilih dan menentukan mobil kepresidenan. Terdapat beberapa standar aturan yang harus dipenuhi karena mobil kepresidenan harus mampu mengamankan kepala negara.

    “Saya kira negoisasi mengenai itu enggak bisa. Harus ada keharusan, ada SOP dengan Paspampres. Tapi kalau beberapa waktu ke depan, berkembang, Esemkanya udah bagus, kenapa enggak,” lanjutnya.

    Selain itu, menanggapi mobil yang masih dipinjam oleh Susilo Bambang Yudhoyono, Luhut mengaku tak ambil pusing karena Jokowi tak pernah mempermasalahkannya.

    “Kalau urusan pinjam meminjam mobil, ya, enggak papa. Itu enggak usah diisukan lagi. Presiden aja enggak nanya-nanya. Selalu ada back-up mobil presiden,” tegasnya.

    Hingga kini, sudah empat kali mobil Presiden mogok. Terakhir, Mercedes-Benz S 600 itu mogok ketika Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Barat, Sabtu (18/3/2017) lalu.