Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang Kericuhan di Pertandingan Khabib Vs McGregor


SURATKABAR.ID – Laga UFC 229 yang mempertemukan Conor McGregor dengan Khabib Nurmagomedov, Sabtu (6/10/2018), di Las Vegas, Amerika Serikat, berakhir ricuh.

Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Khabib setelah dirinya berhasil mengalahkan McGregor di ronde keempat. McGregor menyerah setelah tak mampu menahan kunci pitingan Khabib.

Berkat kemenangan tersebut, Khabib berhasil mempertahankan gelar kelas ringan UFC untuk pertama kali sejak kemenangan pada April 2018 lalu.

Namun, setelah dinyatakan menang, Khabib terlihat sangat emosional. Bahkan, ia sempat membuat kerusuhan di luar arena dan memaksa petugas keamanan turun tangan.

Baca juga: Aremania Bikin Rusuh, Bos Arema Pasrah Terima Sanksi

Dibalik kerusuhan tersebut, Khabib sempat mengungkapkan alasannya dalam konferensi pers setelah laga usai.

Dipicu ucapan rasis

Khabib mengakui bahwa dia kehilangan ketenangan setelah McGregor mengucapkan kata-kata rasis sebelum pertandingan dimulai.

“Aku tahu, aku tidak berada di posisi yang benar. Aku tidak mengerti kenapa orang-orang mempermasalahkan ketika aku meloncat dari arena,” kata¬†Khabib, seperti dilansir tribunnews.com, Minggu (7/10/2018).

“Bagaimana dengan dia (McGregor) bicara tentang keluarga dan agama saya? Mungkin orang-orang akan membicarakan kebringasanku tapi saya ingat pesan ayah saya tentang rasa hormat,” lanjutnya.

Khabib juga sempat menyampaikan permintaan maafnya pada komisi atletik.

Sabuk juara tak langsung diserahkan

Setelah pertandingan berakhir, sabuk juara tak langsung diberikan pada Khabib. Presiden UFC, Dana White, mengaku pihaknya tak ingin mengambil resiko.

“Jika saya langsung memberikan sabuk juara kepada Khabib, maka penonton akan lebih menyerang ataupun melempari semua benda ke oktagon,” tutur Dana.

Khabib dibela publik

Sejumlah pihak menilai bahwa kerusuhan hari itu merupakan kerusuhan terburuk sepanjang sejarah laga UFC kelas ringan. Nama Khabib pun langsung jadi pembicaraan.

Meski begitu, tak sedikit yang membela aksi Khabib. Sebab, amukan Khabib tersebut merupakan aksi berani membela keluarga dan rasnya.

Hinaan McGregor

Banyak netizen yang memberikan pembelaan untuk Khabib. Sebab, sejak awal McGregor memang berulangkali menghina Khabib dan tim ofisialnya. Salah satunya adalah menyebut Khabib sebagai teroris.