Fahri Hamzah: Pedagang Seperti Sandiaga Disebut Ulama kan Nanti Jadi Repot


SURATKABAR.ID Pernyataan Wakil Ketua Dewan Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid tentang Sandiaga Uno yang disebutnya sebagai ulama ternyata mendapat banyak respon dari berbagai pihak, salah satunya adalah Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Fahri yang juga termasuk teman sejawat Hidayat di PKS tersebut menolak sebutan ulama terhadap Sandiaga. “Sandi itu pedagang. Kalau di dalam bahasa orang kampung kita itu tajir. Ya bukan ulama lah,” ujar Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (19/9/2018), dikutip dari cnnindonesia.com.

Fahri bahwa menyebut jika penyematan sebutan ulama kepada Sandiaga itu gambaran dari kekacauan berfikir. Menurutnya, Hidayat yang merupakan salah satu bagian dari pendukung Prabowo Subianto – Sandiaga telah tersandera oleh simbol-simbol latar belakang.

Bagi Fahri, ulama dimaknai sebagai ilmuwan. Sementara itu, Sandiaga selama ini dikenal sebagai seorang pedagang. Oleh sebab itu, Fahri menganggap pengusaha tak layak disebut sebagai ulama.

Baca Juga: Sandiaga Dilabeli Ulama, KH Ma’ruf Amin Lontarkan Komentar Singkat Nan Menohok

Lebih lanjut, Fahri menjelaskan bahwa gelar ulama diperoleh dari jenjang pendidikan seseorang di sekolah yang berorientasi agama Islam. Hal lain yang juga menjadi acuan terhadap penyebutan ulama adalah kemampuan orang tersebut dalam menghafal Alquran dan hadist.

“Ilmuwan itu ada kesetian pada ilmu. Saya meskipun baca dan nulis buku tidak bisa menyebut diri ulama dulu karena saya ini tekunnya berpolitik. Yang saya kuasai spesialisasinya politik,” ujarnya.

Menurut politisi kelahiran Sumbawa itu, Sandiaga lebih cocok disebut sebagai santri. “Lha pedagang seperti Sandi disebut ulama kan nanti jadi repot. Kalau santri iya, mungkin dia lagi belajar, lagi nyantri,” ujar Fahri.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid menyebut Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno adalah seorang ulama.

Hidayat menurujuk pada Alquran Surat Al Fathir, definisi ulama adalah seorang yang paham akan ilmu pengetahuan (science).

“Tentang ulama itu hanya ada dua penyebutan, satu dalam surat Al Fathir dan satu dalam surat As Syuro. Kedua-duanya justru ulama itu tidak terkait dengan keahlian ilmu agama Islam. Satu tentang ilmu sejarah yaitu dalam surat As Syu’ara, dan surat Al Fathir itu justru science, scientist,” kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/9/2018), dikutip dari cnnindonesia.com.

Mengacu pada definisi tersebut, Hidayat berpendapat jika Sandiaga adalah seorang ulama. “Pak Sandi itu ya ulama, dari kacamata tadi,” lanjut Hidayat.