3 Cara Menghapus Akun Google di HP & PC Secara Permanen


Cara menghapus akun Google merupakan beberapa metode yang bisa kamu lakukan jika ingin menghilangkan akun Google dari perangkat kamu. Sebagai pengguna jaringan internet kamu pastinya sudah sangat familiar dengan Google sebagai media penelusuran atas apa yang ingin kamu temukan di internet.

Dengan menggunakan mesin pencari Google, maka pengguna dapat melakukan banyak hal seperti mengirim email, menjelajah didunia maya, dan lain sebagainya. Tentu saja, kamu juga perlu membuat akun Google terlebih dahulu untuk menggunakannya.

Menariknya kamu juga tidak hanya bisa membuat satu akun Google saja dalam satu perangkat jika kamu inginkan. Kamu bisa membuat lebih dari satu akun Google yang juga bisa difungsikan masing-masing sesuai dengan kegunaannya sekehendak hati kamu.

Kamu juga bisa menghapus beberapa akun Google milik kamu tersebut jika sudah merasa bosan atau tidak ingin menggunakannya lagi. Dalam hal ini kamu perlu merujuk beberapa metode yang mudah atau cara menghapus akun Google milik kamu dengan ringkas dan cepat.

Tapi sebelum itu, silahkan kamu pahami terlebih dahulu apa itu akun Google? Dengan penjelasan dibawah ini:

Akun Google, Bisa Dipakai Apa Saja?

Akun-Google-Bisa-Dipakai-Apa-Saja-scaled

Akun Google adalah sebuah master untuk info login Google dengan opsi input alamat email serta kata sandi tunggal bagi pengguna. Akun Google ini mempunyai kemiripan dengan info masuk pada Adsense, namun akun Google lebih memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan apa saja.

Layanan yang bisa diakses menggunakan akun Google seperti Gmail, Froggle, serta Grup Google dengan berbagi info masuk. Menariknya jika kamu menggunakan layanan masuk ini, maka selanjutnya kamu bisa terus login tanpa harus keluar atau masuk lagi pada berbagai layanan masuk tersebut.

Seperti yang telah kami jelaskan paragraf atas tadi bahwa akun Google ini merupakan akses masuk pada seluruh layanan Google termasuk juga Google Ads. Selain itu akun Google memiliki informasi untuk semua layanan Google termasuk juga opsi bahasa, serta berbagai setelan privasi milik kamu.

Kemudian apabila kamu pengguna akun Google Ads atau jika kamu pernah masuk pada Google Ads untuk akses banyak produk dari Google mana saja. Itu berarti kamu sama saja telah membuat akun Google secara tidak langsung, dan kamu sebenarnya tidak perlu lagi membuat akun, kecuali kamu menginginkannya.

Perlu juga kamu ketahui bahwa akun Google ini memiliki kaitan dengan 5 akun untuk Google  Ads paling banyak termasuk juga akun pengelola. Selain itu kamu tentu saja bisa dengan mudah untuk mengubah dan melihat berbagai informasi pada akun Google sesuai keinginan dengan akses URL  google.com/ accounts.

Sama halnya untuk semua pengguna perangkat Android yang pada awalnya harus membuat atau memasukkan akun Google pertama kali. Hal ini memang diperlukan untuk si pengguna smartphone tersebut agar dapat dengan mudah menggunakan semua layanan atau aplikasi terkait dalam ponsel tersebut.

Akun Gmail atau Google juga memiliki peranan penting atau fungsi penting dalam hal registrasi dan otentikasi berbagai layanan maupun aplikasi dalam Android. Kamu juga bisa memisahkan antara akun bisnis dan akun pribadi jika kamu mau seperti misalnya akun Gmail yang kamu miliki ada dua macam.

Misalnya kamu seorang pelaku bisnis jual beli online, pastinya akan lebih nyaman lagi apabila memisahkan akun kamu tersebut dengan akun pribadi. Karena masing-masing fungsi yang berbeda dari kedua akun akan lebih mempermudah kamu untuk menemukan layanan atau komunikasi kamu.

Menariknya lagi, pada perangkat ponsel pintar Android kamu, pengguna juga bisa membuat lebih dari satu akun dengan berbagai fungsinya masing- masing. Namun, berbagai notifikasi akan masuk sesuai dengan penggunaan akun kamu tersebut dan Anda lebih mudah untuk mengetahui informasinya.

Tetapi bagi sebagian pengguna, lebih memilih menggunakan satu akun Google yang difungsikan untuk berbagai keperluan termasuk bisnis. Hal ini biasanya karena si pengguna tersebut tidak ingin terlalu banyak pemberitahuan yang masuk pada akun jika menggunakan akun Google lebih dari satu.

Jika mungkin kamu sudah terlanjur menggunakan banyak akun Google dan ingin menghapusnya, maka kamu juga perlu mempelajari bagaimana cara menghapus akun Google dengan mudah. Hal ini gara kemudian akun kamu lebih bisa digunakan secara efisien dan tidak terlalu banyak notifikasinya.

Untuk itu, kami kali ini akan berbagai tentang cara agar dapat menghapus akun Google kamu yang terlalu banyak tersebut dengan cara yang ringkas. Metodenya sangat mudah sekali, kamu hanya perlu mengikuti saja apa yang kami bagikan dengan tutorial berikut ini:

Cara Menghapus Akun Google dengan Berbagai Metode

1. Menggunakan PC

  • Untuk cara menghapus akun Google yang pertama, silahkan kamu aktifkan terlebih dahulu perangkat PCkamu,
  • Lalu silahkan buka akun Google yang ada didalamnya,
  • Perhatikan control navigasi sebelah kiri, lalu silahkan klik opsi “Data & Personalisasi”,

Perhatikan-control-navigasi-sebelah-kiri-lalu-silahkan-klik-opsi-Data-Personalisasi

  • Saat masuk pada panel “Download” maka silahkan hapus atau kamu juga bisa membuat rencana data milik kamu,
  • Kemudian silahkan kamu klik saja pilihan “Hapus Layanan” atau “Hapus Akun” milik kamu tersebut,

Kemudian-silahkan-kamu-klik-saja-pilihan-Hapus-Layanan-atau-Hapus-Akun-milik-kamu-tersebut-scaled

2. Menggunakan Perangkat Android

  • Langkah pertama tentu saja kamu harus mengaktifkan ponsel Android kamu terlebih dahulu,
  • Kemudian jangan lupa mengkoneksikan perangkat Android milik kamu tersebut pada jaringan yang stabil dan kuat,
  • Setelah itu, silahkan kamu buka menu “Pengaturan” atau “Setelan” pada ponsel kamu tersebut,
  • Klik pada pilihan “Akun”, apabila tidak kamu temukan maka bisa dengan mengklik opsi “Pengguna & Akun”,
  • Pilih saja beberapa akun yang ingin kamu hapus, lalu klik opsi “Hapus Akun”,

Pilih-saja-beberapa-akun-yang-ingin-kamu-hapus-lalu-klik-opsi-Hapus-Akun

  • Perhatikan, jika akun ini adalah akun milik kamu satu-satunya, maka silahkan masukkan pola atau PIN, atau kata sandi ponsel Android kamu tersebut agar terjamin keamanannya,

3. Menghapus Akun Google Permanen

  • Sebagai langkah awal penghapusan akun Google secara permanen adalah, silahkan kamu buka terlebih dahulu akun Google milik kamu yang ingin dihapus melalui browser,
  • Perhatikan pada bagian atas kanan yang terdapat foto profil kamu atau inisial akun kamu,
  • Lanjutkan dengan klik profil atau inisial akun tersebut dan klik lagi opsi “Kelola Akun Google Anda”,
  • Berikutnya silahkan buka menu “Data & Personalisasi” yang ada pada perangkat kamu tersebut,
  • Lalu pilihan “Download, hapus, atau buat rencana data kamu”

Lalu-pilihan-Download-hapus-atau-buat-rencana-data-kamu

  • Klik saja pada pilihan “Hapus Layanan atau Akun Anda”, sekarang,
  • Sampai disini secara otomatis akun Google kamu telah dihapus secara permanen,

Penting: Jika kamu melakukan penghapusan akun Google dengan merujuk pada cara menghapus akun Google di atas, maka akun kamu akan dihapus dari perangkat Anda. Dengan begitu kamu tidak akan bisa memulihkan akun tersebut kembali.

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara menghapus akun Google di atas, maka sebelum melakukan penghapusan kamu lebih baik pelajari terlebih dahulu resikonya. Karena bukan tidak mungkin apapun data yang ada didalamnya akan itu terhapus.

Simak penjelasannya berikut:

Resiko Penghapusan Akun Google Secara Permanen

Resiko-Penghapusan-Akun-Google-Secara-Permanen

Ada beberapa resiko yang wajib kamu tanggung apabila melakukan penghapusan akun Google secara permanen seperti cara menghapus akun Google yang ada diatas. Yang pastinya akun Google kamu tersebut terhubung dengan berbagai layanan Google yang lainnya.

Artinya, saat kamu menghapus akun Google milik kamu tersebut, maka Anda sudah tidak lagi dapat mengakses berbagai layanan Google lainnya termasuk Google Ads. Hal ini disebabkan oleh hilangnya akun secara permanen setelah kamu hapus dari perangkat yang disinkronisasikan sebelumnya.

Ada beberapa layanan yang akan ikut hilang jika Anda melakukan penghapusan akun Google secara permanen. Seperti Kalender Google, Gmail, Google Drive, Google Play, Google Ads, dan masih banyak lagi layanan lainnya yang ikut terhapus saat kamu menghapus akun Google kamu tersebut.

Selain itu kamu juga tidak akan bisa mengakses lagi layanan berbayar lainnya seperti Youtube, Google Play, serta aplikasi lainnya dalam perangkat kamu tersebut. ini disebabkan karena penghapusan yang telah kamu lakukan secara permanen tadi.

Tetapi kamu masih bisa mengakses berbagai hal yang disebutkan diatas tadi jika kamu mempunyai akun Google yang lainnya. Namun semua data pada akun yang telah kamu hapus tadi akan hilang secara permanen termasuk juga pada layanan Google Drive.

Untuk itu, kamu harus benar-benar memperhitungkan langkah penghapusan yang akan dilakukan menggunakan cara menghapus akun Google di laman atas artikel ini. Hal ini menjadi penting apabila Anda banyak menyimpan data akses pada layanan lain yang harus login menggunakan akun Google tersebut.

Tapi ini bisa kamu kecualikan apabila kamu memang memiliki akun Google lebih dari satu dalam satu perangkat. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir untuk mengakses berbagai layanan Google lainnya meskipun akun yang lain sudah dihapus secara permanen.

Kemudian ada hal lain juga yang harus kamu pertimbangkan jika ingin menghapus akun Google milik kamu tersebut. Kamu harus menggunakan Security Checkup untuk mengetahui bagian mana saja yang diakses tanpa izin dari kamu, apabila akun kamu tersebut diretas oleh orang lain.

Kamu bisa menyimpan sandi akun Google dan mengubahnya sewaktu-waktu saat diperlukan, kemudian kamu juga bisa menyimpan kontak akun Google tersebut, atau hal lainnya yang terkait informasi apakah akun Google kamu tersebut sebelum dihapus sudah diretas oleh orang lain.

Karena jika akun Google kamu sudah dihapus, maka kamu tidak akan bisa menggunakan lagi layanan Security Checkup tersebut. untuk itu, perlu adanya peninjauan terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk menghapus akun Google tersebut secara permanen.

Kemudian kamu juga perlu melakukan peninjauan berbagai informasi dalam akun tersebut sebelum dihapus. Kamu bisa memperbaharui terlebih dahulu atau memindahkan berbagai file data yang disimpan dalam akun Google sebelum benar-benar dihapus.

Lalu kamu juga bisa mempelajari berbagai info pemulihan akun untuk digunakan sewaktu-waktu diperlukan jika kamu berubah pikiran. Meskipun untuk mengembalikan akun yang sudah dihapus dengan permanen tersebut merupakan sesuatu yang cukup sulit.

Namun kamu bisa memilih langkah yang lebih ringkas dan mudah, yakni menambahkan akun baru kedalam perangkat kamu. Jika tadi kamu sudah mempelajari bagaimana cara menghapus akun Google, maka selanjutnya kami juga akan berbagi bagaimana cara menambahkan akun Google kedalam perangkat kamu, seperti penjelasan berikut:

Cara Menambahkan Akun Google di Android

  • Pertama silahkan kamu buka menu “Pengaturan” pada ponsel Android kamu,
  • Kemudian klik opsi “Akun”, jika tidak ada akun maka silahkan klik opsi “Pengguna & Akun”,
  • Selanjutnya perhatikan bagian bawah lalu klik opsi “Tambahkan Akun”,

Selanjutnya-perhatikan-bagian-bawah-lalu-klik-opsi-Tambahkan-Akun

  • Pilih saja jenis akun yang akan kamu tambahkan,
  • Lalu klik opsi “Google” untuk menambahkan akun, kemudian data akan secara otomatis disinkronkan dengan perangkat Android kamu tersebut,
  • Jika ingin menambahkan akun lainnya, maka silahkan klik opsi “Pribadi/ IMAP” atau bisa juga dengan klik opsi “Pribadi/ POP3,
  • Lanjutkan saja penambahan akun kamu dengan mengikuti semua petunjuk yang dibagikan di layar ponsel kamu,
  • Untuk penambahan akun kamu, maka silahkan masukkan kata sandi, pola, atau PIN agar terjamin keamanannya,

Penting: Jika tidak ingin menambahkan akun kembali, maka kamu bisa pinjam ponsel teman atau menggunakan ponsel kamu yang lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan metode “Pengguna Terpisah” atau “Tamu Sementara”, jadi kamu tidak perlu membuat akun.

Kemudian setelah kamu mengetahui bagaimana cara menghapus akun Google dan cara menambahkan akun Google di atas. Maka selanjutnya kamu juga wajib mempelajari bagaimana cara menambahkan dua akun dalam satu perangkat seperti berikut ini:

Metode Membuat Dua Akun Google Satu Perangkat

Metode-Membuat-Dua-Akun-Google-Satu-Perangkat-scaled

  • Langkah yang pertama kamu bisa masuk terlebih dahulu ke “Pengaturan” perangkat Android sekarang juga,
  • Kemudian lanjutkan dengan pilih ikon sekrup yang berada atau terletak tepat di bagian kanan atas layar ponsel kamu tersebut,
  • Jangan lupa untuk geser ke arah bawah layar ponsel kamu tepat pada menu “Pengaturan” hingga kamu temukan opsi “Account”,
  • Saat ini kamu telah sampai pada opsi pembuatan akun dan pilih buat “Akun Google” sekarang,
  • Lalu lanjutkan dengan mengklik ikon “Google” untuk melanjutkan metode penambahan dua akun dalam satu perangkat yang kamu miliki,
  • Sampai pada titik ini kamu wajib untuk memasukkan akun Google yang berbeda, atau tambahkan akun lainnya dalam perangkat ponsel Android kamu tersebut,
  • Lakukan saja apa yang menjadi perintah atau yang diminta oleh Google untuk menambahkan akun lainnya,
  • Setelah itu, silahkan kamu masuk lagi pada menu “Akun” yang sekarang kamu miliki dalam ponsel kamu tersebut,
  • Sampai disini kamu bisa cek jumlah akun yang kamu miliki apakah sudah ditambahkan atau belum,
  • Jika belum ditambahkan maka kamu bisa mengulangi metode ini dari awal lagi, karena mungkin saja ada poin yang kamu lewatkan sehingga mengakibatkan kegagalan proses,

Penting: Jika kamu sewaktu-waktu ingin menghapus akun Google yang lainnya maka bisa dengan mudah merujuk pada cara menghapus akun Google di atas. Jadi kamu tidak perlu mencari referensi lainnya yang membahas tentang hal ini, karena web kami sudah menyediakannya.

Jadi disini, kamu bisa mendapatkan tiga macam referensi sekaligus yang tentunya akan lebih mempermudah kamu dalam hal terkait. Yakni referensi bagaimana cara menghapus akun Google, bagaimana menambahkan akun Google, dan bagaimana cara menambahkan dua akun dalam satu perangkat.

Cara menghapus akun Google merupakan metode yang ringkas dan cepat jika kamu ingin menjadikannya pedoman untuk penghapusan akun Google yang kamu miliki dalam perangkat baik komputer atau Android. Kamu hanya perlu menyesuaikan saja metode yang akan dipakai dengan perangkat yang kamu miliki saat ini.

 

Lihat Juga :