Nama Ustad Abdul Somad Masuk Tim Kampanye Prabowo-Sandiaga? Ini Faktanya

SURATKABAR.IDUstaz Abdul Somad menepis isu yang mengabarkan bahwa dirinya masuk ke dalam tim atau juru kampanye calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Ustad Abdul Somad mengunggah tiga gambar di akun Instagramnya, dikutip Okezone,  Minggu (19/8/2018).

Foto pertama hasil potongan gambar, dengan tulisan “Daftar Calon Tim/Juru Kampanye Nasional dan daerah Prabowo-Sandi.”

Dalam daftar itu nama Abdul Somad termasuk di dalamnya. Namun, pada nama Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham dan Ahmad Muzani yang dilingkari merah, gambar itu dicap hoaks.

Pada gambar yang kedua, hal serupa juga dicap hoaks oleh Abdul Somad. Pun dengan gambar ketiga.

Baca juga: Ketua MUI Sumbar Tak Terima Namanya di Catut Jadi Tim Sukses, Relawan Jokowi Minta Maaf

Abdul Somad merupakan seorang dai lulusan Mesir dan Maroko. Ia menjadi salah satu nama yang direkomendasikan untuk mendampingi Prabowo di pemilihan presiden (Pilpres) 2019 sesuai hasil ijtima ulama. Namun belakangan, Sandiaga yang menjadi cawapres Prabowo.

Saat ini memang belum ada keputusan  kedua pasangan itu lolos menjadi peserta Pilpres 2019, kini telah beredar deretan nama yang disebut-sebut sebagai juru kampanye, termasuk salah satunya Ustad Abdul Somad.

Selain Ustad Abdul Somad, dalam daftar itu terlihat sejumlah nama dengan berbagai latar belakang. Ada yang pernah menjadi Presiden dua periode, seperti Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ada juga pimpinan partai politik seperti Sohibul Imam (Presiden PKS), Zukifli Hasan (Ketua Umum PAN), SBY (Ketua Umum Partai Demokrat), dan Amien Rais (Ketua Dewan Kehormatan PAN).

Ada juga sejumlah tokoh; mantan menteri seperti Rizal Ramli, Fuad Bawazir, Yunus Yosfiah, dan Syarwan Hamid; pengusaha seperti Aksa Mahmud; dan musisi Rhoma Irama.

Ada juga sejumlah utstaz atau ulama seperti Aa Gym, KH Arifin Ilham, Habib Riziek Shihab, dan Bachtiar Nasir.