Keakraban May Day 2019, Jokowi Makan Siang Bersama Para Buruh Pabrik


SURATKABAR.ID – Hari Rabu (01/05/2019) ini diperingati sebagai Hari Buruh Sedunia. Menjadi tanggal merah, kebanyakan orang akan menikmati hari libur ini dengan bersantai di rumah atau sekadar jalan-jalan di pusat perbelanjaan. Meski menjadi tanggal merah dan berstatus sebagai hari libur nasional dan diperingati secara internasional, namun Presiden Ir. Joko Widodo (Jokowi) tampak tak libur. I tampak merayakan momen ini bersama para buruh.

Seperti dikutip dari halaman OkeZone.com, Rabu (01/05/2019), hal ini terlihat dalam sebuah foto yang diunggah oleh akun Instagram resmi Presiden Jokowi, @jokowi. Dalam postingan foto tersebut, tampak kakek dari Jan Ethes dan Sedah Mirah ini tengah menikmati santap siang bersama para buruh pabrik sepatu PT KMK Global Sports di Cikupa, Tangerang.

Kendati berstatus sebagai orang nomor satu di negeri ini, jelas terlihat tak ada jarak antara seorang Presiden dengan rakyatnya yang berprofesi sebagai pekerja pabrik. Terlihat Jokowi duduk bersama di satu meja. Ia saling berdampingan dengan para pekerja sewaktu menyantap menu makan siangnya. Adapun menu yang disantapnya itu terdiri dari hidangan nasi putih, sayur sup, telur rebus dan tempe goreng.

Menurut keterangan foto yang tertulis, sebelum bersantap siang dengan para pekerja buruh, Jokowi sempat berkeliling pabrik dan berbincang langsung dengan sebagian dari mereka.

“Santap siang bersama para pekerja pabrik sepatu PT KMK Global Sports di Cikupa, Tangerang, hari ini sungguh nikmat. Menunya nasi putih, sayur sup, tempe goreng, dan telur rebus. Suasananya hangat. Sebelumnya, saya keliling pabrik dan mengobrol langsung dengan mereka. Saya melihat lingkungan kerja di perusahaan ini cukup baik. Beberapa karyawan yang saya temui sudah bekerja 15 sampai 23 tahun,” demikian caption yang tertera menyertai unggahan tersebut.

Baca juga: Jokowi-Ma’ruf Menang Pilpres Versi Hitung Cepat, Ahok: Saya Ucapkan Selamat

View this post on Instagram

Saya, juga seluruh rakyat, ikut bergembira bersama para pekerja dan buruh. Dengan kerja keras, terampil dan produktif, kita harus memastikan bahwa hidup kita hari ini lebih baik dari hari kemarin. Dan, hari esok lebih baik dari hari ini.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Melihat tampilan seorang pemimpin negara tengah makan siang duduk satu meja bersama dengan para pekerja pabrik, para netizen pengguna Instagram pun melontarkan pujiannya di kolom komentar.

“Luar biasa , ellok,” puji singkat J***kosusanto.

“Betul betul, para managernya tersodok melihat begini,” tulis pemilik akun bernama Ik***ani.

“Kereeenn Pakde…,” imbuh Yoen***asali.

“Assli merakyatnya,” cetus warganet dengan akun modd***eharno.

“Owner Pabrik bisa saja gk pernah makan disitu,” ungkap netter pemilik akun Marthin***anungkalit02.